Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan Sleman Yogyakarta

Oleh Tri Agus Yogawasista

8481c-selamatdatang

Desa Wisata Brajan merupakan salah satu dusun sentra kerajinan bambu yang terletak di desa Sendang Agung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 20 Km arah barat kota Yogyakarta.

Sebagai awal perjalanan dari Tugu Yogyakarta, ke arah barat, ke Jalan Godean, ke jurusan Kalibawang. 200 m sebelum terminal pingitan, diketemukan jalan masuk ke utara, masuk ke jalan itu. Sampai dipertigaan (kurang lebih 500 meter) lalu belok kanan. Ikuti jalan tersbut kurang lebih 2 km. kamu bakal sampai ke desa ini, tak usah kuatir tersesat karena ada papan petunjuk ke Desa Wisata Brajan.

edfc5-dscf0913

Brajan dikenal sebagai desa wisata kerajinan bambu karena 98 persen penduduknya adalah perajin bambu. Nama Brajan diambil dari Kyai Braja Setiko, seorang pertapa yang mengajarkan anyaman dari bambu untuk keperluan upacara adat. Ketika Kyai Braja meninggal, desa itu dinamai Brajan. Waktu itu, penduduk setempat pencahariannya adalah petani. Diwaktu luang banyak yang membuat peralatan dapur dari anyaman bambu, besek, wakul dan pincuk.

Dusun Brajan mulai berkembang jadi pusat kerajinan bambu sejak tahun 1991. Salah satu perajin, yang merupakan generasi ketiga adalah Sulisman. Ia semula membuat 4 kerajinan bambu berupa kap lampu, tempat tisu, tempat buah dan tempat koran. Dulu dari simbah dan ayah hanya membuat cething dan peralatan dapur. Seiring dengan perkembangan jaman kerajinan bambu mengalami deversifikasi hingga saat ini telah menghasilkan lebih dari 110 jenis kerajinan bambu.

Potensi Produk Kerajinan Bambu

e4c08-produkbrajan-1 (https://jalan2.com)

8b8cf-produk-prinx-mas-brajan

Tiap bulan Brajan selalu menjadi tujuan Wisata Nusantara (Wisnu) dan Wisata Manca Negara (wisman), baik rombongan yang kebanyakan para siswa dan mahasiswa dari luar Yogya maupun perseorangan. Jika rombongan banyak, maka akan dibagi beberapa kelompok untuk mengunjungi tempat-tempat perajin. Ini dimaksudkan untuk meratakan pendapatan.

5b8b7-33brajan3 (https://sentrabrajan.jogjaplaza.com)

Para perajin sendiri telah mengetrapkan mutu produknya, sehingga kerajinan bambu Brajan sudah dikenal di luar negeri seperi Malaysia, Australia dan Belanda.

Potensi Kesenian Tradisional

405d4-seni-kuntulan Tari Kuntulan (https://yogyakarta.panduanwisata.com)

Selain kerajinan dari bambu, Desa Wisata Brajan juga memiliki kesenian yang menjadi potensi wisata. Kesenian tersebut antara lain adalah Kuntulan (seni religius Islami), Campursari, Kerawitan, Cokekan dan Shalawatan. Dan juga keindahan alam pedesaan yang masih alami dan keramahan masyarakatnya akan menjadi pengalaman tersendiri bagi para wisatawan.

Wisata Kerajinan Bambu

7f9f1-paketwisataanyambambu

Pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan bambu. Mau belajar kerajinan bambu, Desa Wisata Brajan menyediakan instruktur yang ahli dalam bidang anyaman bambu.

Wisata Alam

Bila anda ingin menikmati eksotisme keindahan panorama alam pedesaan yang masih alami, anda bisa tinggal di dusun Brajan selama beberapa hari. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di dusun ini, adalah garap sawah; mencangkul, tandur padi, matun (menyiangi rumput), prosesi wiwitan, ani-ani (petik padi), mancing gurami, tangkap lele dan lain-lain.

Penginapan (Homestay)

Desa Wisata Brajan menyedia penginapan atau Inap Desa dengan kapasitas 10 sampai 15 orang.

Informasi selanjutnya hubungi

08f5f-denah Peta Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan, Sleman, Yogyakarta

Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan 
Desa Sendang Agung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kontak Person: +62 819 1777 5441 (Ngadikin), +62 818 460 581 (Gedhe S.), +62 819 3172 3033 (Sulisman), +62 813 2874 0269 (Triyanto) dan +62 852 9234 9071 (Jemirin)
Website: http://www.bambubrajan.com
Email: bambubrajan@yahoo.com, bambubrajan@gmail.com

Sumber: Berbagai sumber di internet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Kerajinan Tenun dan Ukiran Pandai Sikek Tanah Datar Sumatera Barat

Sat Feb 8 , 2014
Oleh Tri Agus Yogawasista Nagari Pandai Sikek terletak di Kecamatan Sepuluh Koto, disebalah Barat Batusangkar, Ibukota Kabupaten Tanah Datar, berbatasan dengan Kabupaten Agam dan Kota Padang Panjang, Propinsi Sumatera Barat, yang memiliki luas lebih kurang 22 Km persegi. Nagari Pandai Sikek berada dekat dengan jalan lintas sumatera yang terletak di […]