Desa Wisata Kandri Gunungpati Kota Semarang Jawa Tengah

Dewi Kandri (https://www.topwisata.info)

Desa Wisata (Dewi) Kandri terletak di Desa Kandri, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Luas wilayah kelurahan Kandri adalah 357,848 Ha, secara geografis kelurahan ini berada dibawah kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian 349 mdpl, temperature suhu maksimum Kandri adalah 31 derajat dan suhu minimum mencapai 9 derajat Celcius.

Dalam aspek perekonomian sebagaian besar penduduk Kandri bermatapencaharian sebagai petani, hal itu dikarenakan kondisi wilayah Kandri masih banyak lahan untuk bercocok tanam berupa area persawahan, ladang maupun perkebunan.

Potensi Rukun Warga (RW)

Kelurahan Kandri terbagi atas 4 Rukun Warga (RW) yang membawahi 26 Rukun Tetangga (RT). Masing-masing RW memiliki ciri khas tersendiri, meliputi RW 01 yang menyediakan wisata edukasi atau Live in Kandri, RW 02 yang menyelenggarakan acara Gelar Budaya berupa tradisi Nyadran Kali dan paket wisata outbond, RW 03 sebagai kawasan pementasan kesenian dan di RW 04 pengunjung dapat menemukan ragam kuliner unik seperti kripik kulit pisang dan sego kethek.

Wisata alam lainnya

Fun game (https://photo.sindonews.com)

Desa Wisata Kandri juga memiliki obyek wisata yang sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan lokal, yaitu ada Goa Kreo dan juga Waduk Jatibarang. Dari kedua obyek wisata tersebut, Goa Kreo adalah objek wisata yang konon masih berkaitan erat dengan cerita sejarah proses pembangunan Masjid Demak oleh Sunan Kalijaga. Sedangkan Waduk Jatibarang sendiri adalah waduk buatan yang memang sengaja dibentuk untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Desa Kandri tersebut.

Potensi Wisata Budaya

Tarian dalam sesaji Rewanda (https://kandri.semarangkota.go.id)

Sesaji Rewanda merupakan salah satu agenda budaya tahunan yang digelar di Desa Wisata Kandri yang juga masuk dalam agenda wisata Kota Semarang. Sesuai namanya, rewanda yang artinya monyet ini, memang ditujukan bagi monyet-monyet yang selama ini menghuni kawasan Goa Kreo. Selain sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta, Sesaji Rewanda juga merupakan napak tilas perjalanan Sunan Kalijaga, serta untuk menjaga keseimbangan alam di Goa Kreo.

Kirab unik ini diawali dengan arak-arakan mengusung empat gunungan dari Desa Kandri ke Goa Kreo, jaraknya sekitar 800 meter. Empat orang dengan riasan dan kostum monyet warna merah, putih, hitam dan kuning berada di barisan terdepan. Barisan di belakangnya adalah replika batang kayu jati, ini berdasar kisah Sunan Kalijaga membawa kayu jati melawati desa ini. Disusul selanjutnya, barisan gunungan dan para penari.

Sertifikasi

Telah menerima sertifikasi dari Menparekraf @sandiuno pada awal Maret 2021 berupa Desa Wisata berkelanjutan untuk mewujudkan pariwisata yang lestari dan sejahtera.

Informasi lebih lanjut hubungi

Kelurahan Kandri
Jl. Kandri Utara II, kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang
Telp.: 024 76922093
Email: kandrikelurahan@gmail.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Karangrejo Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah

Thu Aug 19 , 2021
Desa Wisata Karangrejo (http://mediasumutku.com) Desa Wisata Karangrejo terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Desa Karangrejo menawarkan banyak sekali aktivitas wisata menarik, mulai dari paket wisata keliling desa naik jeeep, VW safari, andong, dan sepeda onthel.,susur sungai, outbond  hingga kunjungan ke tempat wisata dan tempat produksi […]