Desa Wisata Jamu Gendongan Kiringan Bantul DIY

2

c773e-080420131675 Desa Wisata Jamu Gendongan Kiringan (https://dwipracaya.wordpress.com)

Desa Wisata Jamu Gendongan Kiringan terletak di Dusun Kiringan, Kelurahan Canden, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 16 Km selatan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

74a88-sudut-kiringan Hamparan Sawah Desa Wisata Jamu Gendongan Kiringan (https://dwipracaya.wordpress.com)

Untuk menuju desa wisata itu memang cukup mudah. Dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi bisa dijangkau. Dengan kendaraan pribadi dari Kota Bantul menuju ke arah timur kurang lebih enam hingga tujuh kilometer atau sekitar 10 menit akan sampai.

9857f-sungai-opak Sungai Opak  (https://dwipracaya.wordpress.com)

Luas wilayah Dusun Kiringan terbagi menjadi luas lahan pemukiman 13,966 Ha. Luas lahan pertanian 10,785 Ha dari luas wilayah Dusun Kiringan. (Sumber: arsip Dusun Kiringan 2014).

Sejarah Jamu

Ilustrasi Penjual Jamu Gendongan masa kini (https://kendhilkencana.blogspot.co.id/)

Sekitar tahun 1950-an oleh seorang dukun beranak bernama simbah Joyo Karyo yang memiliki kebiasaan membuatkan jamu bagi ibu-ibu yang baru melahirkan dan beliaupun merubah profesinya dari dukun beranak menjadi penjual jamu. Awalnya profesi sebagai penjual jamu hanya dilakukan seorang diri kemudian terus menerus diturunkan kepada dua anak perempuanya, kemudian pada empat orang cucunya dan akhirnya profesi tersebut banyak ditiru oleh masyarakat sekitar sehingga mengalami berkembangan menjadi satu dusun yang berjualan jamu seperti sekarang.

Kini ada 115 orang pengrajin jamu gendong di Dusun Kiringan. Sekian ratus orang pengrajin jamu ini terbagi dalam 4 kelompok. Semuanya tergabung dalam Koperasi Seruni Putih, yakni sebuah koperasi binaan Yayasan Mitra Pranata dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.

Ke depan jamu dari Dusun Kiringan akan selalu dihadirkan dalam moment-moment Lomba Perahu Naga di Bendung Tegal, Jetis, Bantul. Selain itu pada berbagai event jamu gendong dari Kiringan juga ditampilkan seperti event Bantul Expo, Lomba Kuliner, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul, dan lain-lain.

Jenis Jamu

Jamu gendong produksi Dusun Kiringan ini ketika dijual dikemas dalam bentuk jadi dan setengah jadi. Bentuk jadi tersebut misalnya beras kencur dan kunir asam yang telah dikemas dalam botol dan tinggal dituangkan jika ada yang membeli. Sedangkan bentuk setengah jadi umumnya berupa adonan ramuan yang belum diencerkan atau dicampur dengan air. Jika ramuan jamu sudah diencerkan sejak dari rumah, maka rasa jamunya tidak lagi fresh. Demikian alasannya. Dengan demikian, jika ada orang yang menghendaki jamu selain kunir asam dan beras kencur, orang tersebut akan menunggu beberapa detik agar penjual jamu menyiapkan racikannya lebih dulu.

Wisata

Wisatawan bisa belajar membuat jamu peras, jamu instan, sirup jamu. Sembari menikmati masakan tradisional, wisatawan bisa menikmati kesenian tradisional. Agenda lain yang bisa dilakukan adalah jelajah desa menggunakan andong atau sepeda. Belajar pertanian menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati susur Sungai Opak.

Akses menuju lokasi

Dari jalan Parangtritis, lurus melewati lampu merah pertigaan Tembi, kemudian melewati area Pasar Seni Gabusan, jalan lurus ke selatan lagi akan melewati perempatan lampu merah Manding (Sentra Kerajinan Kulit). Jalan lurus lagi sampai menemukan lampu merah Bakulan. Masih jalan lurus ke selatan lagi sampai nanti menjumpai tembok bangunan SMP 3 Jetis Patalan. Ada tulisan besar dari jalan raya pasti akan terlihat.

c04a6-penunjuk-jalan Papan menunjuk arah (https://dwipracaya.wordpress.com)

Kemudian setelah melihat tembok warna kuning yang bertuliskan SMP 3 Jetis nanti belok ke kiri lurus ke arah timur. Akan menemukan perempatan pertama (perempatan Canden) belok ke kanan, jalan lurus akan menemukan Petunjuk arah ke Sentra Industri Jamu Gendongan, kurang lebih 1 km akan sampai dah. Lihat peta dibawah ini ya.

Informasi lebih lanjut hubungi

67b46-peta-masuk-kiringan Peta menuju lokasi Desa Wisata Jamu Gendongan Kiringan (https://dwipracaya.wordpress.com)

Desa Wisata Jamu Gendongan Kiringan 
Dusun Kiringan, Kelurahan Canden, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, Propinsi DIY
Website: https://sentrajamukiringan.wordpress.com
FB: https://www.facebook.com/pages/desa-wisata-jamu-gendong-kiringancandenjetisbantul/190145431119261
Kontak person: 0815 6898 182 (Sutrisno) atau 0817 9426 696 (Sudiyatmi)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Kota Cirebon Jawa Barat

Wed Aug 10 , 2016
Kota Cirebon merupakan salah satu Kota yang kini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Meski wilayah Kota Cirebon tidak memiliki wilayah yang terlalu luas, namun Kota Cirebon memiliki sejumlah potensi wisata. Mulai dari wisata sejarah, wisata religius, wisata belanja hingga wisata kuliner semua tersedia di Kota yang kerap sekali dijuluki dengan […]