Desa Wisata Colo Dawe Kudus Jawa Tengah

1

Desa Wisata Colo (http://www.lihat.co.id)

Desa Colo, secara administrasi merupakan sebuah desa di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Propinsi Jawa Tengah, dengan ketinggian kurang lebih 700 m di atas permukaan laut.

Jarak Desa Wisata Colo ke Kecamatan terdekat yaitu Kecamatan Dawe adalah 11 Km dan 18 Km jarak dari kota Kudus. Desa Wisata Colo dapat ditempuh dengan menggunakan motor, mobil pribadi, angkot bahkan bus pariwisata.

Desa Wisata Colo, merupakan sebuah Rintisan Desa Wisata yang mulai dirintis pada tahun 2012, bersama dengan 10 Desa Wisata lainnya yang ada di Kabupaten Kudus. Dengan segala potensi mulai dari Religi, budaya, alam, kesenian, kuliner, handicraft dan lainnya, desa wisata colo memulai untuk mengembangkan wisata selain wisata religi sebagai bentuk apresiasi masyarakat terhadap segala potensi yang dimiliki.

Anda bisa berjalan-jalan sambil menikmati udara yang segar dan sejuk serta panorama alam pegunungan yang asri dan indah, juga sambil menikmati alunan irama musik alam dari bunyi gemericik air terjun yang jatuh di bebatuan yang diselingi bunyi-bunyian satwa liar khas pegunungan dan kicauan burung-burung.

Potensi Wisata

Wisata Alam

1. Treking

Kopi “Wilhelmina”

Di sini anda bisa melakukan treking untuk menikmati indahnya pegunungan muria sambil menyusuri kebun kopi yang sudah ada semenjak jaman belanda atau abad 18.

Pengunjung juga akan diajak menanam kopi, okulasi bibit kopi, membuat pupuk kompos dari daun tanaman kopi, membuat bubuk kopi mulai memilih biji kopi, menggiling, menyelep hingga menyeduh secangkir kopi. Sebuah pembelajaran natural yang bisa di aplikasikan sebagai eskul bagi sekolah-sekolah di samping rekreasi menikmati keindahan panorama kebun kopi di Lereng Muria menjadi sensasi tersendiri bagi pengunjung. Hanya, pengelola desa wisata baru bisa melayani paket wisata edukasi kopi jika pengunjung datang berkelompok minimal 20 orang.

2. Air Terjun

Air terjun Motel (http://www.lihat.co.id)

Bisa juga Anda berkunjung ke air terjun Motel, dengan ketinggian ± 25 meter, yang memang lokasinya dekat dengan makam, untuk sampai ke motel ini jika Anda berjalan kaki maka menghabiskan waktu selama 30 menit dari makam Sunan Muria.

Wisata Batik Kudus

Belajar membatik (https://www.destinasialam.com)

Selain itu anda bisa  belajar membatik, dipandu oleh instruktur yang profesional. Baca: Batik Kudus.

Wisata Buah

Siang harinya anda bisa memulai hunting bermacam-macam buah segar atau olahan yang ada di Desa Wisata Colo.

1. Jeruk Bali (Pamelo Muria atau Citrus Grandis)

Salah satu tanaman unggulan desa wisata Colo adalah jeruk Pamelo Muria yang mempunyai rasa manis dan segar serta baikuntuk kesehatan karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Tanaman jeruk ini termasuk tahan kering dan tahan lama.

2. Parijoto (Medinella Speciosa)

Desa wisata Colo yang berada di wilayah pegunungan Muria mempunyai komoditas tanaman khas yang langka yaitu Parijoto. Parijoto merupakan tanaman perdu yang buahnya bertangkai, ketika muda berbentuk bunga berwarna putih kemeahan dan saat tua berwarna merah hitam rasanya sepet, kecut dan segar.

Buah Parijoto mengandung kimia saponin, kardenolin, Flavonoid, Tanin nutrisi dan vitamin yang bagus untuk bayiserta obat anti bakteri, anti radang, diare dan sariawan.

3. Delima (Punica Granatun)

Delima yang berjenis tiga macam banyak tumbuh di kawasan Desa wisata Colo yaitu delima merah, delima putih dan delima wulung. Tanaman ini dapat dikembangkan dengan cara di cangkok atau ditanam melalui bijinya dan dapat tumbuh hingga lima sampai delapan meter.

Mengkonsumsi delima sebaiknya dengan bijinya karena biji delima mengandung seyawa polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan kulit juga mengandung ion kalium, vitamin A, E dan C yang dapat mengurangi radang tenggorokan, baik juga untuk perawatan gigi,perut, jantung, rematik, kurang darah dan diabetes.

4. Pisang Byar

Pisang Byar merupakan salah satu jenis buah tropis yang memiliki ukuran jumbo. Nama pisang byar diambil dari proses jantung pisang yang berubah menjadi buah pisang yang pada umumnya sedikit sedikit demi sedikit, namun pada pisang byar ini proses jantung pisang berubah menjadi pisang hanya sekali tanpa menyisakan jantung pisang, digambarkan perubahan tersebut “mak Byar”.

Pisang Byar memiliki ukuran pohon yang besar, antara 2-3 meter dengan batang berwarna hijau dan merah yang dominan, berat buah pisang byar dalam satu tandan bisa mencapai 30 kg.

Wisata Kuliner

Pecel Pakis (http://www.lihat.co.id)

Dengan kuliner khas nasi pecel pakis dan lainnya, anda dapat memulai pagi anda untuk menjelajahi pesona Desa Wisata Colo. Kiranya tidak akan lengkap tanpa ditemani secangkir kopi khas gunung muria “Wilhelmina” yang akan menghilangkan rasa haus dan sedikit menghangatkan badan ketika dinginnya udara pagi pegunungan muria menyentuh kulit.

Cindramata

Anda bisa banyak menghabiskan uang anda untuk berbelanja berbagai macam suvenir yang berjajar dikanan kiri jalan sepanjang jalur ke makam Sunan Muria. Mulai dari pakaian, aksesories, buku, kerajinan kayu dan yang lainnya dapat anda jumpai di sepanjang jalan ini.

Inap Desa (Homestay)

Colo atau hanya sekedar ingin menikmati bermalam dengan suasana pedesaan anda dapat bermalam di hotel Graha Muria atau di Homestay setempat. Jika ingin suasana yang lebih menantang dengan suasana hutan, anda dapat berkemah di Camping Ground yang sudah tersedia lengkap dengan fasilitas outdoor game dan outbound.

Desa Wisata Colo
Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Webiste: http://sawit-muria.weebly.com
Email: kociesmart@gmail.com, kocie_smart@yahoo.com
Marketing dan Reservasi :
Mobile/HP : +628156631659 (Pranyoto), +628156696478 (Hikmawati Inaya)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kampung Batik Laweyan Solo Jawa Tengah

Thu Feb 2 , 2017
Pintu masuk Kampung Batik Laweyan (https://gpswisataindonesia.info) Untuk memasuki Kampung Batik Laweyan dapat dari berbagai arah, masuk dari Jl. dr. Rajiman, sesudah Kampung Batik Kauman, dengan koordinat GPS: 7° 34′ 12.1″ S, 110° 47′ 52″ E. Kampung Laweyan didesain dengan konsep terpadu, dengan memanfaatkan lahan seluas kurang lebih 24 ha yang […]