Desa Wisata Budaya Prajekan Kidul Bondowoso Jawa Timur

1

92cfd-gelarbudayacopy

Desa Wisata Budaya Prajekan Kidul terletak di Prajekan Kidul RT. 4 RW. 10, Kecamatan Prajekan, Bondowoso, Jawa Timur.

Melalui jalan Situbondo, berhentilah di PT Telkom Prajekan sebelah utara Kantor ini terdapat gang kecil 1 meter tepatnya di Prajekan Kidul RT.4 RW.10, Kecamatan Prajekan terdapat bangunan anyaman bambu dengan 2 pintu di sisi depan rumah sebagai gudang penyimpanan saksi bisu keragaman budaya Bondowoso.

ad8c7-singoronteg Ronteg Singo Ulung (https://taribondowoso.blogspot.com)

Di desa ini, aneka budaya dan seni tradisi lokal Bondowoso bisa ditemukan. Salah satu seni tradisi khas Bondowoso yang kini sudah banyak dikenal luas adalah seni pertujukan ronteg singo ulung. Seni pertunjukan ini berangkat dari sebuah cerita rakyat yang berada di Desa Blimbing, salah satu desa di Kecamatan Klabang Bondowoso.

6cac8-dscn0556 Tari Remo Sutinah @ Padepokan Seni Gema Buana

Keseriusan desa ini dalam menggarap seni yang berakar pada tradisi masyarakat sekitar membuat desa ini ditetapkan sebagai desa wisata. Ada agenda rutin pertujukan secara besar-besaran di desa ini setiap tahunnya. Namun untuk bisa menikmati sewaktu-waktu, setiap hari di padepokan ini selalu dilakukan kegiatan latihan.

89f4b-dscn0965 Atraksi Ojung @ Padepokan Seni Gema Buana

Ojung merupakan sebuah permainan atraksi yang pelaksanaannya dalam setiap permainan terdiri dari dua orang yang merupakan lawan bermain. Dari dua orang tersebut cara bermainnya, keduanya saling mencambuk dengan alat cambuk dari rotan dan cara mencambuknya secara bergantian. Ojung ini pada awal kisahnya sebuah permainan dalam acara ritual untuk mendatangkan hujan. Tetapi pada perkembangannya bisa jadi seni pertunjukkan.

bda60-dscn0925 Wayang Kulit berbahasa Madura @ Padepokan Seni Gema Buana

Seni pertunjukan ronteg singo ulung ini sendiri mulai digarap serius di Padepokan Seni Gema Buana yang terletak di Prajekan Kidul sejak beberapa tahun silam. Selain ronteg singo ulung itu, beragam seni tradisi lain mulai dikembangkan di padepokan ini. Mulai dari macapat, tari remo sutina, hadrah serta pementasan wayang kulit bahasa madura kontemporer yang dibidani oleh Ki Dalang Sugeng, pria yang juga menjadi pengasuh Padepokan Seni Gema Buana.

92cfd-gelarbudayacopy Tari Topeng Dalang @ Padepokan Seni Gema Buana

Paket Wisata

  1. Belajar menari
  2. Karawitan (Musik tradisional)
  3. Belajar membuat minuman herbal
  4. Membacak Sawah

Fasilitas yang ada

  1. Aula Pertemuan
  2. Mushola
  3. Sanggar Seni
  4. Perkemahan
  5. Cafe dan Restoran

Kuliner

Makanan khas Bondowoso adalah tape manis Bondowoso, yang umumnya dikemas dalam bèsèk (anyaman dari bambu berbentuk kotak). tape ini terbuat dari singkong, wisatawan mancanegara menyebutnya fermented of cassava, mirip seperti peyeum di Jawa Barat. Tapi rasa tape manis bondowoso lebih khas.

Inap Desa (Homestay)

Desa Wisata Prajekan Kidul menyediakan Inap Desa yang dapat menampung  20 orang.

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Budaya Prajekan Kidul
Prajekan Kidul RT.4 RW.10, Kecamatan Prajekan, Bondowoso, Jawa Timur
Telp.: +62 821 3983 6677 (Bp. Arif Setyo Raharjo), +62 852 35932992 (Bp. Sugeng)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kampung Budaya Sindangbarang Bogor Jawa Barat

Sun Jun 22 , 2014
Lokasi Kampung Budaya Sindangbarang terletak di Jalan E. Sukmawijaya, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih sekitar 5 km dari kota Bogor. Merupakan sebuah Kampung yang Tertua di Wilayah kota dan kab. Bogor, berdasarkan sumber dari naskah Pantun Bogor serta Babad Pajajaran. Jika menurut sumber […]