Desa Wisata Bontagula Bontang Kalimantan Timur

1

Desa Wisata Bontagula (http://www.pelitadesa.com)

Desa Wisata Bontagula terletak di Desa Bontagula di Kota Bontang, Kalimantan Timur, merupakan desa wisata maritim yang sudah terkenal, dengan keindahan lautnya dan aktivitas warga pesisir, dan desa ini di apit oleh laut, membuat bibir pantainya sangat indah untuk bisa melihat lekak-lekuk alamnya.

Sejarah

Sebelum menyandang status sebagai kota administratif (Kotif), Bontang hanya sebuah desa yang ditetapkan menjadi ibukota Kecamatan pada 1920 silam, dengan sebutannya, Onder Distrik Van Bontang, tata pemerintahannya pun sederhana dipimpin seorang asisten wedana bergelar kiai, di bawah naungan kekuasaan Sultan Aji Muhammad Parikesit, Sultan Kutai Kartanegara XIX (1921-1960). Namun, pada 1952 Bontang terus berkembang menjadi kampung dan dipimpin tetua adat.

Desa Wisata Bontagula (http://www.industry.co.id)

Sebelumnya, Desa Bontagalu merupakan desa terpencil dan memiliki penghasilan ekonomi yang cukup rendah. Namun, mereka berhasil meningkatkan taraf hidup mereka melalui pengelolaan pariwisata yang ada di tempat mereka dengan bantuan Pemerintah Pusat.

Dengan menjadikannya laut dan aktivita warga pesisir antai sebagai atraksi utama, jadi para wisatawan mendapatkan pengalaman yang lebih ketika berikteraksi dengan masyarakat pesisir pantai. Mereka akan menjalani kehidupan sehari-sehari sebagai masyarakat pesisir pantai serta akan mendapat pengalaman baru yang mungkin belum pernah mereka dapatkan sebelumnya.

Desa Wisata Bontagula merupakan komunitas pariwisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism atau CBT) sangat berkembang dan menjadi potensi wisata utama. Wisatawan berinteraksi langsung dengan warga pesisir pantai. Selain itu desa wisata bontagula ini memiliki keindahan alam laut yang menakjubkan sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung di desa wisata ini.

Dan sampai sekarang mereka menjadi salah satu desa wisata terbaik di Indonesia 2017. Mereka berhasil mendapatkan penghargaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  dari Kemendes PDTT.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Sejarah di Kota Kediri Jawa Timur

Thu Dec 27 , 2018
Kota Kediri secara geografis terbelah oleh Sungai Brantas. Diperkirakan dulu, wilayah sebelah barat Sungai Brantas yang sekarang menjadi Jalan Jaksa Agung Suprapto menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda dan area perumahan elit Belanda. Sedangkan, wilayah sebelah timur Sungai Brantas yang sekarang menjadi alun-alun diperkirakan menjadi pusat pemerintahan yang dipegang oleh orang […]