Desa Wisata Bobung Gunung Kidul Yogyakarta

Oleh Tri Agus Yogawasista

OLYMPUS DIGITAL CAMERA Papan nama Desa Wisata Bobung, Desa Putat, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta (https://jogjatrip.com)

Desa Wisata Bobung terletak di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tetaknya sekitar 10 km menuju arah barat kota Wonosari atau sekitar 30 km menuju arah timur Kota Yogyakarta.

Sejarah

2593b-panji-dari-bobung Ilustrasi berbagai model Topeng Panji dari Desa Wisata Bobung (jogjapages.com)

Sejarah dari kerajinan batik kayu ini dipercaya oleh masyarakat sekitar dimulai oleh Sunan Kalijaga. Awalnya Kerajinan batik kayu di Bobung berawal dari kebutuhan topeng kayu untuk lakon-lakon dalam seni tari Topeng Panji yang berkembang di dusun ini sejak sekitar 1960. Tarian Panji itu berkembang yang membuat kebutuhan akan topeng juga bertambah. Tari Panji konon diciptakan Sunan Kalijaga sebagai media dakwah. Tarian ini juga masih dipentaskan untuk menghibur pengunjung yang datang.

Bentuk topeng sangat khas karena mirip dengan penggambaran tokoh wayang purwa yang matanya tertarik ke atas dengan hidung lancip, motif batik yang mendasari pewarnaan topeng menambah nilai keindahan topeng. Dari tahun ke tahun akhirnya daerah ini berkembang sebagai sentra kerajinan batik kayu. Bukan hanya topeng yang diproduksi, tetapi berbagai bentuk kerajinan lain. Hingga pada akhirnya, saat ini warga yang semua menjadi petani sejak pertengahan 1980-an masyarakat mulai bergeser menjadi perajin. Kerajinan batik kayu dari Bobung sudah menembus dunia.

b12fd-bobung_01 Produk kerajinan tangan Desa Wisata Bobung (https://www.gunungkidulkab.go.id)

Bahan baku untuk membuat topeng ini berasal dari dua jenis kayu, Sengon Laut dan Pule. Tentu keduanya memiliki kekhasan masing-masing. Kayu sengon laut dikenal lebih tahan lama namun berserat kasar. Sedangan kayu pule warnanya lebih putih, empuk ketika diukir, seratnya halus, namun pertumbuhan pohonnya membutuhkan waktu yang lama.

Potensi Flora

Pohon Sengon dan Pulen sudah menjadi salah satu keanekaragaman hayati yang dimiliki desa ini. Oleh karena itu para pengrajin diwajibkan untuk melakukan penanaman kembali pohon sengon dan pulen (setiap orang yang menebang satu pohon, dia wajib untuk menanam sepuluh pohon yang baru) sebagai penghargaan kepada alam yang telah memberi manfaat bagi warga di sini.

3101f-bobung-2 Batik kayu untuk hiasan meja (https://www.gunungkidulkab.go.id)

Potensi Kerajinan

Desa Wisata Bobung memiliki 400 orang pengrajin tergabung dalam 18 UKM, produk kerajinan tangan pun tidak terbatas pada bentuk topeng klasik. Berbagai model binatang seperti gajah, kuda, dan lain sebagainya juga diproduksi.

03ccd-bobung2

Potensi Budaya

Penduduk Dusun Bobun masih melestarikan segala peninggalan budaya nenek moyang mereka, seperti :

Upacara Wiwitan sebelum menanam padi, merupakan upacara memberi sedekah bumi kepada Si Pemberi Hidup agar padi yang mereka tanam dapat tumbuh subur dan sukses panen.

Upacara Bersih Desa yang di dalamnya terdapat beberapa sub acara seperti sedekah bumi, kirab budaya dan gunungan, diselenggarakan setahun sekali, biasanya digelar tepat di hari Senin Pon dalam penanggalan Jawa.

08d08-tarianklonotopeng Tari Klono Topeng (tembi.net)

Potensi Kesenian Tradisional

  • Reog
  • Jatilan
  • Kethoprak
  • Tarian khas Bobung yaitu Tari Klono Topeng
Paket Wisata
  • Keliling pedesaan
  • Belajar membatik kayu
  • Atas permintaan wisatawan

Penginapan (Homestay)

Tersedia inap desa (homestay) sebanyak 30 unit rumah penduduk di desa wisata Bobung ini.

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Bobung 
Bobung RT.38/III Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp.: +62813 2900 2837, +62817 943 2272, +62817 941 1615 (Ismadi)
Koordinat GPS : 7° 52′ 1.64″ S, 110° 31′ 23.28″ E

Sumber: Berbagai artikel di internet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Karangtengah Bantul Yogyakarta

Wed Sep 11 , 2013
Oleh Tri Agus Yogawasista Batik tulis pewarna alami produk dari Desa Wisata Karangtengah Bantul (otdanews.com) Desa wisata Karangtengah berada di dusun Mojolegi Rt 03 Karangtengah, Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, berjarak 2 km dari makam raja raja di Imogiri dan berjarak 15 kilometer tenggara pusat kota Yogyakarta. Desa Wisata Karangtengah berada […]