Desa Wisata Batubulan Gianyar Bali

1

Seni Ukir kayu di Desa Wisata Batubulan Gianyar

Desa Wisata Batubulan terletak di Desa Batubulan Gianyar, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

Desa Wisata Batubulan dengan luas sekitar 6.422 kilometer persegi ini, berada pada jalur strategis antara Denpasar dan Kota Gianyar. Jika Anda ingin menuju Kintamani, Anda pasti melewati jalur Desa Wisata Batubulan. Oleh karenanya, Desa Batubulan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin lebih mengetahui keindahan seni ukir, sehingga di sepanjang jalan yang membelah Desa Batubulan terdapat berbagai galeri dan toko kesenian (art shop) yang menjual karya seni maupun kerajinan, juga terdapat tempat pentas seni tarian tradisional khas Bali yang dimiliki oleh desa ini.

Pura Puseh (http://widyabalitour.com)

Sebagai sebuah wilayah administratif, Desa Wisata Batubulan terbagi ke dalam tiga desa adat, antara lain Desa Adat Tegaltamu, Desa Adat Jero Kuta, dan Desa Adat Dlod Tukat. Tiap desa adat tersebut masih terbagi lagi ke dalam beberapa banjar (satuan adat yang berfungsi untuk mengelola pertanian). Beberapa banjar, di samping mengelola pertanian, juga memiliki kelebihan karena mampu menyajikan seni pertunjukan yang diminati oleh wisatawan, misalnya Banjar Denjalan (di Desa Adat Jero Kuta) dan Banjar Tegehe (di Desa Adat Dlod Tukat) yang mempertunjukkan Tari Kecak, Barong, dan Legong.

Desa Batubulan telah menjadi perhatian turis dunia sejak tahun 1930-an yaitu dengan adanya pementasan Barong dan Calonarang di banjar Tegaltamu, Denjalan dan Pagutan. Selain itu kesenian masyarakat Batubulan juga telah dibukukan bahkan difilmkan oleh para penulis internasional sebagai destinasi atau tujuan wisata budaya dunia.

Potensi Seni Budaya

Tari Barong (https://www.rentalmobilbali.net)

Desa Wisata Batubulan Sukawati menawarkan daya tarik yang menyaksikan pertunjukkan tari tradisional khas Bali seperti Tari Barong, Legon dan Tari Kecak. Untuk jadwal pertunjukkannya seperti tari Barong ini di gelar setiap hari namun tidak setiap saat. Waktu pementasan tarian barong di Batu Bulan Gianyar ini di gelar mulai dari pukul 09.00 hinggal Pukul 10.00 Wita.

Untuk lokasi pementasan tarian barong di Desa Wisata Batubulan sendiri terdapat di 3 lokasi, yaitu di Jalan Raya Batu Bulan no 63C, Jalan SMKI dan Jalan Pasekan. Untuk harga tiket masuk ke Desa Wisata Batu Bulan Sukawati ada Rp. 100.000/orang (*)

Potensi Seni Ukir

Seni ukir batu cadas di Desa Wisata Batubulan Gianyar (https://www.bali.com)

Kelihaian penduduk Desa Wisata Batubulan dalam mengukir serta memahat patung adalah warisan sejak turun temurun. Tak heran jika di sepanjang jalan Desa Wisata Batubulan banyak ditemui berbagai galeri atau toko kesenian. Anda bisa melihat dan memilih koleksi patung-patung atau karya seni untuk dibeli sebagai pajangan di rumah yang artistik.

Seni ukir kayu di Desa Wisata Batubulan Gianyar (https://www.kintamani.id)

Aksesbilitas

Dari Kota Denpasar, Desa Wisata Batubulan berjarak sekitar 10 km atau membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum (taksi/mobil carteran). Sementara, jika wisatawan memulai perjalanan dari Pantai Kuta maupun kawasan Nusa Dua, dibutuhkan waktu + 45 menit.

Informasi lebih lanjut hubungi

FB: https://www.facebook.com/DesaWisataBatubulan/

(*) Harga sewaktu-waktu dapat berubah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Pelaga Badung Bali

Sun Jul 7 , 2019
Desa Wisata Pelaga (http://baliwisatadewata.blogspot.com) Desa Wisata Pelaga terletak di di Jalan Raya Puncak Mangu, Desa Petang, Kecamatan Pelaga, Kabupaten Badung, Bali, pada ketinggian berkisar antara 650 – 1.110  meter dari permukaan laut (mdpl). Desa Pelaga merupakan wilayah dataran tinggi dengan kondisi lahan pegunungan  atau perbukitan terletak sekitar 40 km dari […]