Desa Wisata Banjarasri (Dewi Asri) Kulonprogo Yogyakarta

Oleh Tri Agus Yogawasista

Balai Desa Banjarsari (https://www.majalahtopik.co.id)

Desa Wisata Banjarasri (Dewiasri) terletak sekitar 35 kilometer sebelah barat Kota Yogyakarta. Desa yang berada di wilayah Perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulonprogo ini untuk menghilangkan kepenatan. Salah satu yang ditawarkan oleh desa ini adalah kondisi alam yang unik, segar, asri, dan hijau. Selain itu nuansa pedesaan yang masih terasa kental, masyarakat desa memiliki kesepakatan untuk menjaga kebudayaan, keasrian dan kebersihan desa serta keramahtamahan pada para pengunjung Dengan sumber daya alam dan manusianya seperti ini, desa wisata Banjarsari mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata di Yogyakarta.

Menuju Desa Wisata Banjarsari, kiri kanan dengan hamparan persawahan

Dewiasri berhasil meraih juara kedua Desa Wisata Terbaik di Indonesia 2012 dan berhak menerima penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama dua desa wisata terbaik lainnya, yakni Desa Bejiharjo yang terletak di Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta dan Kelurahan Kauman Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan Jawa Tengah masing-masing sebagai juara satu dan tiga.

Persawahan di perbukitan Menoreh

Transportasi keliling desa berupa kereta wisata kelinci atau pun sepeda.

Bangunan Joglo (Pendopo Tour)

Wisata Religius

  • Napak tilas salah satu pahlawan nasional Jenderal AH Nasution
  • Makam misionaris asal Austria bernama RM Prenthaler

Wisata Pendidikan

  • Belajar Menenun dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM)
  • Belajar Pertanian

Belajar menggaru sawah

  • Belajar Memancing dan Menangkap Ikan
  • Belajar kesenian dan budaya tradisional seperti Wayang Kulit, Jathilan, Karawitan, dan Angguk.

Jathilan (https://www.kompasiana.com)

Wisata Budaya

Berbagai kesenian tradisional seperti karawitan, jathilan, wayang kulit, dan gejlog lesung dapat disaksikan, khususnya pada hari minggu.

 

Wisata Alam

Outbond

 

Kuliner

Makanan khas Kulonprogo, seperti slondok, gethuk, keripik singkong, dan gula aren banyak dijajakan di warung-warung yang ada di desa wisata ini.

Penginapan (Home Stay)

Beragam penginapan dan home stay dengan bangunan yang menarik dan harga lebih kurang Rp. 50.000,00/orang dengan makan tiga kali.

Fasilitas Lainnya

Tempat pertemuan dengan kapasitas 50 orang dan harga sewa yang terjangkau.

Akses ke Lokasi

Akses untuk menuju lokasi Desa Wisata Banjarsari ini cukup mudah, baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Apalagi Desa Banjarsari ini cukup terkenal. Dari terminal Yogyakarta, Anda dapat naik bis umum jurusan Kulon Progo dan turun di Terminal Wates. Setelah itu Anda dapat naik kendaraan yang menuju arah Dusun Banjarsari.

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Banjarsari (Dewi Asri) 
Dusun Boro, Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.
Telp. : +62813 2821 7291 (Y. Totok Subro)
Koordinat GPS : 7° 41′ 40.47″ E, 110° 9′ 46.45″ S

Sumber: Berbagai artikel di internet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Sejarah di Semarang

Fri Jul 5 , 2013
Oleh Tri Agus Yogawasista Tentunya, untuk mempermudah mencapai setiap lokasi diusahakan ada koordinat GPS-nya, yang didapatkan baik melalui internet, POI GPS Mio maupun sumber yang lainnya. 1. Lawang Sewu Lawang Sewu merupakan sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun […]