Desa Wisata Bagak Sahwa Kota Singkawang Kalimantan Barat

1

4b23c-ngabayotn

Desa Wisata Bagak Sahwa terletak di Kelurahan Bagak Sahwa, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Jarak dari pusat kota Singkawang ke Desa Wisata Bagak Sahwa sekitar 20 km, diperlukan waktu kurang lebih 20 menit.

Jalan ke Desa Wisata Bagak Sahwa merupakan jalan menuju Kota Bengkayang dengan jalan berliku, dengan kontur naik-turun yang moderat, dengan landscape perbukitan dan persawahan di sisinya. Cukup menyenangkan.

86ef6-dayoaei27 Sungai Dayoale’ masih alami (https://msyhadow.blogspot.com)

Desa Wisata Bagak Sahwa berhasil masuk nominasi 10 besar, pada urutan ke 5. Penyerahan penghargaan desa wisata tingkat nasional telah dilakukan di Desa Wisata Pakraman Jasri, Kabupaten Karangasem, Bali pada tanggal 27 September 2014.

Suasana alam di Desa Wisata Bagak Sahwa sangat sejuk, udara masih segar karena hutan tropis masih cukup luas. Bebas polusi dan kebisingan kendaraan.

20329-bagak2bdayoaei27 Sungai Dayoale’ masih alami (https://msyhadow.blogspot.com)

Potensi Seni Budaya

Upacara Ngabayot’n

4b23c-ngabayotn Upacara Ngabayot’n (https://readsungaikapuas.wordpress.com)

Upacara Adat Suku Dayak Selako di Desa Wisata Bagak Sahwa sebagai upacara terima kasih kepada Sang Pencipta atas keberhasilan panen. Upacara ritual ini menampilkan berbagai tarian persembahan, diselenggarakan pada bulan Mei – Juni setiap tahunnya.

Paket Wisata

A. Paket dalam desa

1. Gerbang desa, berupa penjelasan motif Gerbang Desa Wisata Bagak Sahwa 2. Menyusuri Desa pertama, dari Gerbang desa ke Rumah Adat Parauman (RAP) 3. Atraksi wisata Pater (Ketapel), mencoba membidik sasaran dengan Pater
4. Menyusuri Desa kedua, dari RAP menuju sungai Dayoale’
5. Menoreh Pohon Karet
6. Bersantai, mandi air gunung berbatuan di sungai Dayoale’ dan mencoba menyumpit dengan bambu Tamiang, kembali ke Rumah Budaya
7. Atraksi Wisata, berupa menumbuk padi dan Kuliner, meminum air mineral yang telah disimpan di Bambu, menikmati kue Tumpi’ dan Cucur.

B. Paket masuk hutan

1. Menuju target pertama, ke lokasi Keladi Raksasa dan ke lokasi Bunga Raflesia Tuan Mudae
2. Menuju target ke dua, ke lokasi perkebunan Durian dan ke lokasi Air Terjun Air Mineral
3. Menuju target ke tiga, ke lokasi aliran air Mancar Siat

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Bagak Sahwa
Kelurahan Bagak Sahwa, Kecamatan Singkawan Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Telp.: +62 813 454 531 33 (Bp. Ipul), +62 856 509 044 64 (Bp. Ricky) dan +62 813 525 495 50 (Ibu Alusia)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Gubugklakah Malang Jawa Timur

Wed Apr 1 , 2015
Tangga menuju kawah Gunung Bromo (https://daenggassing.com) Desa Wisata Gubugklakah, yang biasanya disingkat DWG berlokasi di bagian timur Kecamatan Poncokusumo, sekitar 23 km dari kota Malang. Terletak di kaki Gunung Bromo, Desa Wisata Gubugklakah menyajikan panorama alam indah dan kesejukan khas pegunungan. Walaupun berada di lokasi terpencil dan jauh dari pusat […]