Desa Wisata Air Ponggok Polanharjo Klaten Jawa Tengah

1

Desa Wisata Air Ponggok (https://www.liputan6.com)

Desa Wisata Air Ponggok, yang berada di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, terpilih sebagai desa wisata terbaik di Indonesia untuk kategori pemberdayaan masyarakat.

Desa Wisata Air Ponggok awalnya merupakan desa yang unik karena ada sebuah mata air (umbul) yang sangat jernih yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat desa Ponggok khususnya dan masyarakat desa lain yang pada umumnya.

Potensi Wisata Air

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok (https://kampoengilmu.com)

Air di Umbul Ponggok bersumber dari mata air yang keluar langsung dari dalam tanah secara terus menerus dengan debit lebih dari 800 liter/dt, sehingga airnya terasa dingin, segar dan bersih. Sirkulasi air di dalam kolam Umbul Ponggok terjadi secara alami, dasar kolamnya juga alami dengan hamparan pasir bersih dan bebatuannya. Di dalam kolam juga hidup ribuan ikan warna warni dari berbagai jenis dengan ukuran besar seperti ikan mas, koi, bawal, dan ikan hias lainnya. Keberadaan ikan hias ini tidak mengganggu aktifitas pengunjung tetapi akan menjadi daya tarik utama untuk background foto atau video underwater.

Naik Vespa di Umbul Ponggok (https://bumdes-mall.com)

Umbul Ponggok merupakan sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih, dikembangkan menjadi wisata snorkling, diving, foto underwater. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter, sehingga suasananya benar-benar seperti dibawah laut. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis sebab airnya mengalir terus-menerus.

Salah satu hal yang harus dilakukan saat berada di Umbul Ponggok adalah melakukan sesi pemotretan di dalam air. Bagi pengunjung yang tidak memiliki kamera underwater tidak perlu khawatir. Di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan kamera underwater dan sudah termasuk operator kameranya. Juga menyediakan Paket Diving, Paket Power Dive (walker), persewaan alat dan property untuk foto, Ponggok Warrior Adventure. Silahkan pengunjung langsung menghubungi pengelola yang berada di dalam lokasi Umbul Ponggok.

2. Umbul Sigedang

Umbul Sigedang (https://spadepicnic.wordpress.com)

Umbul Sigedang-Kapilaler adalah wahana wisata mata air (umbul) yang berada di Desa Wisata Air Ponggok tepatnya di Dukuh Umbulsari. Anda dapat merasakan suasana kawasan pedesaan yang tenang, teduh, dengan kesegaran airnya. Terdapat 2 mata air yaitu mata air Sigedang dan mata air Kapilaler. Tempat ini cocok untuk relaksasi, santai bersama dengan teman maupun keluarga.

Mempunyai keunikan umbul atau mata air dengan kualitas yang memenuhi batas syarat air minum dengan debit yang besar. Umbul Sigedang berdekatan dengan sumber atau sumur milik PT TIV AQUA Klaten yang airnya mengandung mineral alami digunakan sebagai bahan baku AMDK merk AQUA.

Keindahan flora, terdapat pohon beringin besar berusia tua yang rindang menaungi obyek wisata dan area sekitarnya juga ada pohon besar milik warga, membuat obyek wisata menjadi teduh dan sejuk. Menjadi spot area foto yang eksotis.

Potensi Outbond

Ponggok Ciblon

Kolam renang untuk anak-anak di Ponggok Ciblon (https://travel.tribunnews.com)

Ponggok Ciblon merupakan salah satu unit usaha wisata dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tirta Mandiri Desa Ponggok. Unit usaha ini dikembangkan oleh BUMDesa Tirta Mandiri sejak tahun 2016. Ponggok Ciblon adalah kawasan wisata air yang memiliki arena bermain air dan taman untuk anak-anak, kolam renang standar untuk dewasa, area outbond maupun playground. Air di wahana Ponggok Ciblon berasal dari mata air yang segar dan dingin. Tersedia juga Resto Ponggok Ciblon yang menyajikan makanan khas ikan nila & lele dan aneka minuman. Untuk rest area tersedia fasilitas gazebo yang dibangun diatas kolam-kolam ikan. Fasilitas lainnya adalah area outdoor meeting, toilet dan mushola.

Lokasi

Lokasi cukup strategis ± 6 km arah ke barat dari jalan raya utama Solo – Yogyakarta, mudah dijangkau dari segala arah, baik dari arah barat (rute Boyolali-Tulung-Ponggok), arah utara (rute Boyolali-Janti-Cokro-Ponggok), arah timur (rute Solo-Delanggu-Ponggok), dan arah selatan (rute Yogyakarta-Klaten-Karanganom-Ponggok).

Informasi lebih lanjut

Desa Wisata Air Ponggok
Desa Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah
Website: https://wisataponggok.com/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Bontagula Bontang Kalimantan Timur

Tue Dec 25 , 2018
Desa Wisata Bontagula (http://www.pelitadesa.com) Desa Wisata Bontagula terletak di Desa Bontagula di Kota Bontang, Kalimantan Timur, merupakan desa wisata maritim yang sudah terkenal, dengan keindahan lautnya dan aktivitas warga pesisir, dan desa ini di apit oleh laut, membuat bibir pantainya sangat indah untuk bisa melihat lekak-lekuk alamnya. Sejarah Sebelum menyandang […]