Desa Wisata Agusen Gayo Lues Aceh

Alam yang indah di pagi hari terpancar di Desa Wisata Agusen, Kecamatan Blang Kejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh (https://www.mongabay.co.id)

Desa Wisata Agusen terletak di Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, sebuah desa yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan hutan lindung yang masuk dalam Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) ini, memiliki sejumlah objek wisata alam yang dapat memanjakan pengunjung.

Baca juga: Taman Nasional Gunung Leuser Aceh

Potensi Wisata Alam

Desa Wisata Agusen yang memiliki bentang alam nan indah, berbatasan langsung dengan taman nasional dan hutan lindung (https://www.mongabay.co.id)

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, karena letaknya berbatasan langsung dengan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL). Keanekaragaman hayati yang ada juga akan diteliti, nantinya.

1. Berawang pungkih

Sebagai nama lokasi yang menjadi salah satu jalur pendakian ke puncak gunung louser yang menawarkan hutan alami dengan keaneka ragaman yang tinggi serta aliran mata air yang sangat jernih di wilayah yang bernama Aih Gembolo. Di lokasi ini juga dapat dilakukan kegiatan wisata antara lain: pemandian keluarga, tubing sungai, taman bermain dan menikmati kopi dengan produk tradisional.

2. Tanjung Lipet

Kawasan Tanjung Lipet (https://tempatwisataseru.com)

Sebagai nama lokasi yang memiliki keunikan tersendiri seperti lembah sungai berupa tebing batu yang curam dan di kelilingi oleh hutan yang masih alami di wilayah dusun toa Desa Agusen.

3. Taman Nasional Gunung Louser (TNGL)

Taman Nasional Gunung Leuser (https://www.tempatwisata.pro)

Dengan ditetapkan pula wilayah hutan sekitar desa sebagai kawasan hutan negara yaitu hutan lindung (di bagian utara, timur dan barat), serta sebagian ditetapkan sebagai kawasan taman nasional. Kedua hutan tersebut ditetapkan sebagai kawasan hutan dengan sasaran tercapainya fungsi perlindungan yaitu perlindungan ekosistem leuser, keanekaragaman hayati, plasma nutfah, sumber air dan perlindungan manusia dari resiko dan ancaman bencana.

4. Sawah dan Perkebunan

Persawahan Desa Wisata Agusen (https://www.mongabay.co.id)

Bentuk pemanfaatan lahan lainnya di kawasan hutan lindung adalah berupa sawah dan perkebunan campur (4,83%) dengan komoditas kopi, coklat, cabai, kemiri, tembakau dan hortikultura lainnya.

Kopi arabika terus dikembangkan di Agusen (https://www.mongabay.co.id)

Inap Desa (Homestay)

Keramahan warga yang bersedia menjadikan rumahnya sebagai tempat tinggal para wisatawan rasanya jauh lebih menyenangkan. Pengalaman berinteraksi dengan warga lokal ini akan menjadi pengalaman mahal yang belum tentu bisa Anda temukan di perkotaan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Gampong Nusa Aceh Besar Aceh

Fri Jun 4 , 2021
Gampong Nusa (https://analisadaily.com) Nusa merupakan Gampong di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, punya pemandangan yang masih sangat alami, yang berjarak 30 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh. Gampong Nusa salah satu desa dengan konsep wisata berbasis masyarakat. Banyak hal unik yang akan kita jumpai di Gampong Nusa, seperti […]