Desa Wisata Adat Kiarasari Sukajaya Kabupaten Bogor Jawa Barat

Persawahan terasering di Desa Wisata Adat Kiarasari (https://wisatahalimun.co.id)

Desa Wisata Adat Kiarasari terletak di Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Dengan alamnya yang berkontur, berundak dan dikelilingi oleh Hutan Halimun membuat Desa Kiarasari sebagai kawasan berhawa sejuk dan penuh pesona.

Mayarakat  Desa Wisata Adat kiarasari menginduk pada kasepuhan Cipatat kolok dan Kasepuhan Urug yang menjadi puser dayeh Kasepuhan Halimun di tiga kabupaten, hal ini telah menjadi simbol perilaku bahwa masyarakat Desa Adat Kiarasari masih taat pada aturan adat yang telah di gariskan leluhur nya. Ketaatan masyarakat Desa Adat Kiarasari terhadap adat sampai saat ini masih mempengaruhi pola perilaku kehidupan sehari-hari, gaya arsitektur pada pembangunan rumah dan cara bertani serta cara berpikir masyarakat dalam kesehariaannya.

Persawahan terasering di Desa Wisata Adat Kiarasari (https://wisatahalimun.co.id)

Potensi Wisata

Tradisi

Masyarakat Desa Kiarasari memiliki kesatuan adat kiarasari yang disebut dengan “saaki” (Red : saaki berasal dari dua suku kata dalam padanan sunda yaitu SA berarti satu dan Aki yaitu kakek atau leluhur, jadi saaki dapat di maknakan satu kakek atau satu keturunan). Saaki memiliki  fungsi sebagai wadah para sesepuh kampung se-Kiarasari untuk membangun komunikasi dan menyamakan presepsi tentang adat, seminggu sebelum seren incu putu (cucu dan keturunan), kasepuhan Desa kiarasari melakukan nyekar tahunan ke kasepuhan Cipatat kolot guna meminta restu.

Wisata Alam

Curug Cidurian (https://www.senengpiknik.com)

Desa Kiarasari memiliki segudang potensi alam yaitu:

  • Agrowisata
  • Gunung Manapa yang menyimpan banyak rahasia Halimun
  • Curug Manapa
  • Curug Kaung yang memiliki Gua di dalamnya
  • Curug Cidurian
  • Camping Ground

Aksesbilitas

Kendaraan Pribadi

Dari arah Tol Jagorawi dapat keluar di Pintu Tol Sentul II menuju Jalan Baru-Yasmin, lampu merah pertama ambil kiri menuju Jl. Raya Yasmin dan Bubulak menuju Cigudeg. Selanjutnya menuju Kecamatan Sukajaya (Setelah Setu Cigudeg ke arah kiri ada pangkalan ojek) selanjutnya menuju Desa Kiarasari. Dalam kondisi lancar perjalanan dari Bogor dapat ditempuh dengan ± 2,5 jam perjalanan.

Angkutan Umum

Bagi yang menggunakan angkutan umum dari terminal Bubulak naik angkutan umum jurusan Bubulak-Jasinga no trayek 05. Turun di Cigudeg, dapat menggunakan angkutan umum (mobil carry) atau menggunakan jasa ojek.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Malasari Nanggung Kabupaten Bogor Jawa Barat

Wed Feb 10 , 2021
Desa Wisata Malasari (https://travelosofi.blogspot.com) Desa Wisata Malasari terletak di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, masuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak (TNHS) dan dalam Taman Bumi Gunung (Geopark) Pongkor di geoarea Pongkor. Desa Wisata Malasari (admin.travelingyuk.com) Bentang alam nan indah serta beragam vegetasi yang menutupi  kawasan […]