Cinu (Gayung) Aceh

Cinu dibuat dari tempurung kelapa yang diberi bertangkai dari kayu. Besarnya sebesar tempurung kelapa dan panjang tangkainya berkisar antara 25 – 50 cm. Teknik pembuatannya sangat sederhana.

Tempurung kelapa dipilih yang tua dan telah berwarna kehitam-hitaman, biasanya diambil tempurung kelapa tua yang telah lama digigit oleh tupai yang isi di dalamnya sudah tidak ada lagi. Pekerjaan tahap berikutnya mengupas kulit kelapa serta membersihkannya. Lalu diberi beberapa lubang kecil sebagai tempat mengikat tangkainya. Lubang batok kelapa yang telah digigit oleh tupai jjika dianggap masih belum cukup besar akan ditambahnya. Cinu digunakan untuk mengambil air dari dalam guci, tayeuen atau keutuyong.

Dalam kehidupan sehari-hari cinu dapat dibuat sendiri, dibuat oleh tetangga atau membelinya. Dewasaini cinu yang tradisional seperti ini sudah jarang pemakaiannya .

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Aweuek Aceh

Thu Mar 4 , 2021
Bentuknya hampir menyerupai sebuah sendok dengan tangkainya lebih panjang. Besarnya aweuek sangat tergantung kepada besar kecilnya tempurung kelapa yang dipergunakan sebagai bahan bakunya. Pada umumnya tempurung kelapa yang akan dipergunakan dipilih yang berdiameter sekitar 10 cm. Tangkainya lebih panjang dari ukuran sendok biasa dan yang sering kita jumpai atau yang […]

You May Like