Candi Sari Boyolali Jawa Tengah

Candi Sari (https://www.sumber.com)

Candi Sari terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kapupaten Boyolali, provinsi Jawa Tengah. Candi Sari terletak di atas bukit kecil dan dikelilingi oleh areal perladangan penduduk. Disebelah utara candi terdapat jalan desa yang membujur timur-barat. Disebelah barat terdapat Gunung Merapi dan di sebelah utara terdapat sungai.

Candi Sari

Latar belakang agama Candi Sari adalah Hindu. Hal ini didasarkan adanya arca Panteon Hindu yaitu Durga, Ganesa, Agastya. Selain itu juga ada Yoni dan arca Nandi yang nerupakan wahanan Siwa.

Candi Sari hanya tersisa pondasinya dengan ukuran denah 4,62 x 4,62 meter dengan tinggi candi lebih kurang 7 meter. Candi ini dibangun pada periode klasiik Indonesia yaitu pada masa pengaruh Hindu Budha, sekitar abad IX. Mengenai siapa yang membangun candi ini belum dapat diketahui karena ada belum ada data yang menjelaskan hal tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Museum Istana Siak Asserayah Hasyimiyah Siak Riau

Wed May 1 , 2019
Museum Istana Siak (https://www.batiqa.com) Museum Istana Siak merupakan bangunan peninggalan kerajaan Melayu Islam terbesar di Riau, yaitu kerajaan Siak Sri Indrapura. Museum yang berupa kompleks istana kerajaan Siak ini dibangun oleh Sultan ke-11 Siak, Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada 1889 dan dinamakan Istana Asserayyah Hasyimiyah yang juga […]