Batik Trenggalek Jawa Timur

2

32f11-batik-jawa-trenggalek Beragam Batik Trenggalek Jawa Timur (https://menaksopaldiscovery.com)

Trenggalek adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan berada di Trenggalek kota. Trenggalek terletak kurang lebih 30 km dari Tulungagung.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali ragam motif batik. Kekayaan ragam motif batik tersebut di dapat dari banyaknya daerah di Indonesia yang masing-masing memiliki corak batik khas yang lain dari daerah yang lainnya. Motif batik tersebut tentu saja bukanlah sembarang motif melainkan mencerminkan jati diri suatu daerah.

Begitu juga dengan kabupaten Trenggalek. Trenggalek sendiri memiliki beberapa motif batik yang khas yang tidak dimiliki daerah lain. Di antaranya adalah motif-motif cengkeh yang merupakan salah satu hasil perkebunan yang memang banyak dihasilkan di Kabupaten Trenggalek.

Batik Trenggalek adalah batik tulis tangan kasar seperti batik Lasem. Umumnya batik ini bermotif lereng dengan warna wedelan (biru tua) dan sogan (coklat tua), mempunyai sedikit cecek-cecek yang kasar dan besar-besar.

Motif

Motif Batik, tidak hanya didominasi motif parang, kawung dan motif klasik lainnya. Beragam motif baru, kini mulai bermunculan di sejumlah daerah. Termasuk di Jawa Timur. Bahkan saat ini, batik menjadi media perekam sejarah atas segala hal yang pernah terjadi.

Motif Dele Kutah

Motif dele kutah mempresentasikan kedelai yang merupakan bahan dasar pembuatan keripik tempe panganan oleh-oleh khas Trenggalek. Juga motif Cengkeh yang mengandung filosofi bahwa Trenggalek adalah penghasil tanaman Cengkeh.

Motif Ungker Padi

Batik ini tersusun dari kumpulan motif yang membentuk satu kesatuan yang apik. Tersusun dari motif padi dan cengkeh yang merupakan hasil pertanian Trenggalek serta motif kupu-kupu sehingga menimbulkan kesan nyaman dan tenang.

Motif Batang Daun

Batik jenis ini tersusun dari motif batang tanaman dan daun sehingga tampak begitu asri.

Motif Parang Cengkeh

Kata parang memiliki arti pereng atau tebing juga senjata tajam. Keduanya merupakan simbol ketajaman pola pikir yang dimiliki seorang pemimpin agar dapat mengendalikan lingkungannya. Susunan motif letter S jalin-menjalin tidak terputus melambangkan kesinambungan. Bentuk dasar letter S diambil dari ombak samudra yang menggambarkan semangat tidak pernah padam. Motif cengkeh melambangkan hasil bumi utama di Kabupaten Trenggalek (corak batik tulis khas Trenggalek). Kedua motif ini dirangkai sedemikian rupa sehingga terlihat serasi dan harmonis.

Motif Bunga Kapas

Batik jenis ini didominasi motif bunga kapas. Bunga kapas merupakan tumbuhan penghasil kapas yang melambangkan kelembutan.

Motif Truntum Cengkeh

Motif truntum melambangkan keranuman, sehingga mendatangkan efek damai dan segar bagi mata yang memandang, sedangkan motif cengkeh melambangkan hasil bumi utama di Kabupaten Trenggalek.

Motif Anggrek Bulan

Batik ini tersusun dari motif anggrek bulan lengkap dengan tangkai, daun dan bunganya. Sehingga memberikan kesan anggun dan menawan bagi si pemakai.

Motif Sekar Jagad

872e7-batik-handicraft-tr_1f8af18-480x319Motif Sekar Jagad sedang dikerjakan (https://indonesia-product.com)

Sekar Jagat merupakan salah satu motif batik Indonesia yang mengandung makna kecantikan dan keindahan, sehingga orang lain akan terpesona ketika mereka melihat motif yang indah dari Sekar Jagad Batik. Ada juga diasumsikan bahwa motif Sekar Jagad sebenarnya berasal dari kata dari bahasa Jawa “kar” yang memiliki arti “peta” dan “jagad ” yang memiliki arti “alam semesta”, sehingga motif ini juga melambangkan keragaman di seluruh dunia.

Batik Trenggalek

320ba-tp2b02 (https://alimabatik.blogspot.co.id)

Batik Trenggalek

43370-tp2b03 (https://alimabatik.blogspot.co.id)

Batik Trenggalek

86664-tp2b04 (https://alimabatik.blogspot.co.id)

Batik Trenggalek

61b08-tp2b05 (https://alimabatik.blogspot.co.id)

Batik Trenggalek

32c7d-tp2b07 (https://alimabatik.blogspot.co.id)

Batik Trenggalek

109d0-tp2b08 (https://alimabatik.blogspot.co.id)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Cabe Rawit Aceh

Sat May 21 , 2016
Si Cabe Rawit (https://www.duniadongeng.com) Pada zaman dahulu kala, di sebuah kampung antah berantah, hidulah sepasang suami istri. Mereka merupakan sebuah keluarga yang sangat miskin. Rumahnya dari pelepah daun rumbia yang didirikan seperti pagar sangkar puyuh. Atap rumah mereka dari daun rumbia yang dianyam. Tidak ada lantai semen atau papan di […]

You May Like