Batik Pandalungan Kabupaten Probolinggo Jawa Timur

Batik Pandalungan Kabupaten Probolinggo

Batik Kabupaten Probolinggo dikenal dengan nama Batik Pandalungan, merupakan batik dengan corak warna-warna cerah dan berani dari Suku Madura yang dikombinasi dengan warna teduh (Suku Jawa). Batik Kabupaten Probolinggo sebagai aliran Batik Pendalungan, cenderung mirip dengan batik Pasuruan, Situbondo, yang memang berada di satu wilayah yang dikenal sebagai Tapal Kuda.

Sejarah

Batik Pandalungan Kabupaten Probolinggo

Perkembangan batik di Probolinggo memang tak diketahui secara pasti, namun hal itu sudah ada pada jaman dahulu. Hal itu terekam dalam pameran khusus Batik Probolinggo di Amsterdam Belanda pada 1883, dengan total 150 motif. Namun, setelah itu, perkembangnnya Batik Probolinggo hilang bak tertelan bumi.

Beberapa pembatik memulai usaha batik lagi sekitar tahun 2009. Saat ini ada 13 pembatik yang terdaftar dalam Asosiasi Pengrajin Batik, Bordir dan Assesoris (APBBA) Kabupaten Probolinggo. Jumlah itu belum termasuk puluhan embrio pembatik lainnya yang belum terdaftar dalam organisasi.

Batik Pandalungan Kabupaten Probolinggo (https://jadikecil.wordpress.com)

Motif

Galeri batik tulis Biru Lancor, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo (https://probolinggokab.go.id)

Batik Pandalungan mempunyai motif dan pewarnaanya berbeda dengan Batik Mataraman (Keraton Jokyakarta, Solo, dan etnik Jawa) maupun Batik Pesisiran Pantura (Pekalongan, Tuban dan Kudus).

Batik Kabupaten Probolinggo cenderung kontemporer. Namun, agar tidak meninggalkan filosofi batik klasik yang penuh simbol dan perlambang, maka citarasa itu dituangkan motif legenda rakyat yang tumbuh. Juga melalui cerita rakyat, adat istiadat, seni budaya. Semisal legenda Dewi Rengganis, Gajahmada, legenda Suku Tengger atau Tari Glipang.

Warna

Batik Kabupaten Probolinggo sangat kuat pada warna hijau, merah, kuning. Sementara untuk warna gelap atau teduh, ada pada warna hitam, maroon dan violet. Sedangkan untuk warna lembut, diwakili dengan warna tosca, turkish dan wortel.

Selain itu, pewarnaan batik Kabupaten Probolinggo, juga senantiasa memakai tehnik gradasi yaitu hantaran dari warna terang ke warna gelap, yang menghasilkan efek bayangan.

Pengrajin

Pengrajin Batik Pandalungan mencapai 18 pengrajin, seluruhnya tersebar di 24 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo, dimana hasil produksinya sudah terjual hingga luar daerah seperti Jakarta, Bandung dan lainnya.

  • Galeri Batik tulis Biru Lancor, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo
  • Batik Ronggojalu, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo
  • Batik Pelangi, Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo
  • Batik Elbahirah, Desa Pegalangan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo
  • Batik Pancor Mas, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo
  • Batik Probotanjung, Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo
  • Batik Legundi, Desa Legundi, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo
  • Batik Tulis Dewi Rengganis di Desa Jatiurip, Kecamtan Krejengan, Kabupaten Probolinggo

Sumber: kumparan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Kabupaten Sampang Jawa Timur

Thu Jan 14 , 2021
Batik Kabupaten Sampang (https://kabarmadura.id) Batik Kabupaten Sampang biasa dikenal dengan nama Batik Kotah, memiliki motif khas Madura berupa flora dan fauna (misalnya : motif kembang dan burung) dengan warna paling dominan yaitu merah dan hijau di atas bahan sutera dan katun yang tidak kalah dengan batik daerah lain. Motif Batik […]

You May Like