Batik Palembang

9fdfe-20130519-083754_nv310506nvbatik_palembang-motif_songket_2-185x220

Bagi anda yang pecinta kuliner, mengenal kota Palembang dengan makanan khasnya yaitu pempek. Sedangkan untuk anda pecinta kain Nusantara mengenal Palembang dengan keindahan kain songketnya. Selain itu, Palembang yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan ini juga mengembangkan kerajinan batik yang mencirikhaskan Palembang pada setiap motif batiknya. Batik Palembang, dalam sejarahnya batik Palembang memang berasal dari Jawa sekitar 100 tahun yang lalu dengan motif yang telah mengalami adaptasi dengan budaya Palembang.

Batik Palembang Motif Songket

c8f0f-batikpalembang-motifsongket1 Sumber: https://www.kriyalea.com 

Batik Palembang ini memiliki keunggulan yang tak kalah menarik dari batik lain di Indonesia. Batik Palembang memiliki motif yang mengikuti syariat Islam, yaitu tidak menggunakan gambar binatang dan manusia sebagai hiasan. Sebagian besar motif batik Palembang adalah motif bunga teh dan motif lasem yang dihiasi garis simetris dan berbagai simbol tanaman, sedangkan motif bunga teh kainnya dipenuhi dengan gambar bunga teh.

Batik Palembang Motif Lasem

7e4db-batikpalembang-motiflasem Sumber: https://sketsabudaya.blogspot.com 

Batik Palembang Motif Bunga Teh

dca37-batikpalembang-motifbungateh Sumber: https://rumahbatik-ifa.blogspot.com 

Beberapa contoh motif batik Palembang yang lain adalah motif songket, kerak mutung, jukung, kembang jepri, sisik ikan, motif jumputan, gribik, encim, kembang bakung, sembagi, dan lain sebagainya.

Batik Palembang Motif Songket

ad17c-batikpalembang-motifsongket2 Sumber: https://yundahamasah.blogspot.com 

Proses pembuatannya batik Palembang sedikit berbeda dengan pembuatan batik di Jawa pada umumnya. Kalau di Jawa kain yang akan dibatik cukup disampirkan kemudian dibatik tetapi kalau Batik Palembang kainnya dibentangkan dengan kencang baru kemudian dibatik. Secara umum batik Palembang dibuat dengan dua cara, dicap dan ditulis, sama dengan teknik membatik pada umumnya. Namun saat ini juga dikembangkan batik dengan teknik printing. Batik Palembang menggunakan bahan sutra, organdi, jumputan, katun, dan blongsong. Untuk pewarnaan menggunakan warna cerah khas Melayu, seperti merah, kuning dan hijau terang.

Proses Pembuatan Batik Palembang

8ea9e-batikpalembang-prosesmembatik Sumber: https://produsenbatik.com 

Pengrajin batik Palembang saat ini masih sedikit sulit untuk ditemui. Karena itu, perlu dukungan beberapa pihak untuk tetap melestarikan seni budaya batik ini. Pihak Kesultanan Palembang berupaya melestarikan kekayaan seni dan budaya peninggalan nenek moyang mereka tersebut, tentunya dengan menggali dan mengumpulkan serta memproduksi kembali batik tulis.

Batik Palembang Motif Songket

46f40-batikpalembang-motifsongket3 Sumber: https://kacamatamakna.blogspot.com 

Batik Palembang Motif Jumputan

7a3bc-batikpalembang-motifjumputan Sumber: https://yundahamasah.blogspot.com

Lokasi pengrajin batik Palembang bisa ditemui di sepanjang Jl. Aiptu Wahab Palembang sedangkan toko-toko yang sekarang banyak menjual batik Palembang banyak tersebar di daerah Pasar 16 Ilir baru, komplek Hero, di samping Ramayana.

Batik Palembang Motif Kembang Bakung

5c3a0-batikpalembang-motifkembangbakung Sumber: https://songketserengamsetia.wordpress.com 

Batik Palembang merupakan salah satu khasanah dari keragaman batik di Nusantara. Anda bisa menambahkan Batik Palembang sebagai koleksi kain maupun busana anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Bangka Belitung

Sat Oct 26 , 2013
Bangka Belitung, Provinsi yang baru diresmikan tahun 2000 ini selain mempunyai keindahan alamnya yang khas juga mempunyai kain tradisional yang indah pula dengan kisah tersendiri. Kain tradisional yang terkenal dari Bangka Belitung adalah Kain Cual Bangka. Kain Cual Bangka merupakan kain tenun yang memiliki motif yang cantik, unik, dan khas. […]

You May Like