Batik Motif Truntum Sri Kuncoro

1

Motif Batik Truntum Sri Kuncoro

Truntum berarti menuntun, sebagai orang tua berkewajiban menuntun kedua mempelai memasuki hidup baru atau berumah yang banyak liku-liku. Batik Truntum Sri Kuncoro bercerita tentang kisah perjalanan kehidupan manusia, yang disimbolkan oleh ornamen sulur yang merambat berasal dari sebatang Pohon Hayat. Pohon Hayat sendiri dikisahkan sebagai pohon di surga yang menjadi pokok muasal segala bentuk kehidupan di dunia. Dalam variasinya disebut dengan Kayon, Gunungan, Syajaratul Kaun, bahkan Pohon Kehidupan (Tree of Life) telah terlihat dalam peradaban Persia kuno.

Motif Batik Truntum Sri Kuncoro (http://batikthokmotifkhasyogyakarta.blogspot.com/)

Motif Truntum sendiri memberi makna kasih sayang yang terus menerus tumbuh bermekaran (truntum). Sehingga secara keseluruhan kain batik Truntum Sri Kuncoro mengandung doa dan harapan semoga perjalanan kehidupan senantiasa penuh cinta dan kasih sayang hingga mencapai kesempurnaan (Kuncoro).

Sumber: infobatik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Motif Parang Barong

Fri Jul 19 , 2019
Batik Motif Parang Barong (http://batikthokmotifkhasyogyakarta.blogspot.com) Barong dalam bahasa Jawa berarti singa. Kata barong berarti sesuatu yang besar dan ini tercermin pada besarnya motif ukuran pada kain. Besar ukuran Parang Barong diatas 20 cm dan merupakan induk dari semua motif parang. Batik Motif Parang Barong (https://regional.kompas.com) Parang Barong diciptakan oleh Sultan […]