Batik Motif Glebag Anggrek

1

Batik motif Glebag Anggrek

Pola ini merupakan sebuah pola Lereng yang juga indah, teteapi agak lain bila dibandingkan dengan pola lereng lainnya. Pola ini banyak juga beredar di pasaran, tetapi banyak yang tidak tahu namanya yang sebenarnya singkat saja, yaitu Glebag. Glebag itu dapat diartikan kebalikan seratus delapan puluh derajat dari sesuatu.

Pada pola Udan Liris, kita lihat ada bermacam-macam motif yang mengisi bidang-bidangnya. Pada pola Glebag ini hanya ada dua macam motif, yang sangat berbeda. Mungkin itulah yang dimaksudkan dengan kata glebag, yaitu adanya dua hal yang sangat berbeda.

Pola ini mengajarkan bahwa perpaduan dua hal atau unsur yang sangat berbeda. Pola ini juga mengajarkan bahwa perpaduan dua hal atau unsur yang sangat berbeda sekalipun dapat menghasilkan sesuatu yang sungguh indah dan serasi apabila diatur dengan seksama, hati-hati dan penuh perasaan. Keadaan ini dapat berlaku pada perkawinan dua orang yang sangat berbeda tabiat dan keadaannya, dapat pula terjadi pada dua atau beberapa partai politik dalam satu pemerintahan dan masih banyak perumpaan yang lain. Adapun Glebag itu ada bermacam-macam. Glebag ini dinamakan Glebag Anggrek, karena salah satunya dari motif yang diisikan dalam bidang tersebut adalah motif anggrek.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Motif Parang Rusak Sri Sadono

Thu Apr 4 , 2019
Batik Motif Parang Rusak Sri Sadono Perlu diketahui bahwa Parang Rusak dibuat dalam bermacam-macam ukuran. Pola diartikel ini dinamakan Parang Rusak Sri Sadono, yang diciptakan oleh Hardjonagoro setelah seorang keponakannya, yaitu Sri Sadono sembuh dari penyakit yang gawat. Pola ini memperlihatkan berbagai macam ukuran Parang Rusak. Dari yang terbesar, yang […]