Batik Kota Salatiga Jawa Tengah

Motif batik Parang Plumpungan

Batik Plumpungan merupakan salah satu produk batik yang berasal dari Kota Salatiga. Motif dasar batik tersebut terinspirasi dari susunan batu besar dan batu kecil Prasasti Plumpungan, yaitu prasasti yang dianggap sebagai cikal bakal berdirinya Kota Salatiga. Adapun pencipta dari motif batik ini adalah Bambang Pamulardi yang berstatus sebagai salah satu PNS (Pegawai Negeri Sipil) Kota Salatiga.

Motif

Motif batik Plumpungan

Motif batik Plumpungan (https://id.wikipedia.org)

Motif tersebut terinspirasi dari susunan batu pada Prasasti Plumpungan, yaitu prasasti berangka tahun 672 Saka atau 750 Masehi yang ditulis dengan huruf Jawa Kuno serta menggunakan bahasa Sanskerta. Prasasti itu berada di Dukuh Plumpungan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Adapun Bambang sendiri merupakan warga Dusun Klasemen, Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, yang juga mendirikan Pusat Kerajinan Tangan Batik Plumpungan.

Motif batik Parang Plumpungan

Motif batik Parang Plumpungan (https://id.wikipedia.org)

Motif Waturumpuk

Motif batik Waturumpuk (https://mcholic.wordpress.com)

Motif Batik Waturumpuk yang juga khas dari Kota Salatiga. Motif Waturumpuk sendiri terinspirasi dari Waturumpuk (bukan prasasti) yang sangat ikonik di Kota Salatiga.

Sentra Pengrajin

Kawasan Waturumpuk, SIdorejo, Salatiga. Kawasan Waturumpuk berdekatan dengan jalur Tol Semarang-Solo dan lokasi Batu Prasasti Plumpungan.

Batik Batok Bolu yang digagas Sri Mulyani, warga Jalan Merbabu RT 04/06 Nobowetan, Noborejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Kabupaten Kediri Jawa Timur

Mon Aug 2 , 2021
Batik tergolong salah satu seni kriya yang berhasil merevitalisasi diri dalam motif, teknik, dan penggunaannya di masyarakat, sehingga eksistensinya terjaga. Kehadirannya dan dalam mencari bentuk atau ciri khas batik tulis Kabupaten Kediri atau yang di kenal dengan sebutan “batik Kediren” tetap diwujudkan dan berkembang sampai saat ini. Motif Batik Kabupaten […]

You May Like