... (several lines of code) ... https://optimize.google.com/optimize/home/#/accounts/175585813/

Batik Kota Pasuruan Jawa Timur

Batik kota Pasuruan

Kota Pasuruan sebagai kota terbesar ketiga di Jawa Timur, 65 km sebelah tenggara Kota Surabaya dan terletak di kawasan segitiga emas dan termasuk gerbang Kertosusilo plus Jawa Timur, Kota Pasuruan mengalami kemajuan pesat di bidang industri, perdagangan dan jasa.

Sejarah

Pasuruan memiliki potensi alam yang sangat indah, sehingga banyak dijadikan inspirasi dalam pembuatan motif batik khas Pasuruan. Sejarah berkembangnya Batik Pasuruan sudah sejak jaman nenek moyang. Namun sempat mengalami kemunduran, dan dikembangkan kembali sekitar tahun 1999. Sampai saat ini terdapat sekitar 60 pebatik yang tersebar di kelurahan Bugul Kidul dan Tembokrejo. Selain itu terdapat Desa Wisata Batik Pasuruan letaknya di desa Jagil, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Motif

Batik kota Pasuruan (http://www.pojokpitu.com)

Tidak terkecuali Kota Pasuruan yang menonjolkan corak daun sirih dan burung kepodangnya. Motif ini dijadikan ikon Kota Pasuruan, dan sudah dijadikan seragam wajib bagi seluruh siswa sekolah dasar yang ada di kota Pasuruan.

Juga terdapat motif burung podhang yang mendunia, motif Pasedahan Suropati, Pring Kuning Suropati dan Karang Kritis serta Batik motif Sego Jagung.

Batik Kota Pasuruan Motif Pusaka Suropat (https://www.wartabromo.com)

Ada juga batik nuansa bunga anggrek yang diciptakan dalam nama Ciptaning Panca Kusuma Wijaya. Ada kisah yang tersimpan dalam nama Ciptaning Panca Kusuma Wijaya. Kisah itu terkait dengan perjalanan Raja Erlangga ke gunung Arjuna yang dipenuhi bunga-bunga anggerk menawan. Satu lagi yang tak kalah menariknya adalah nama Welirang Gondomukti, yang menunjukkan sketsa gunung yang naik turun. Nama-nama batik tersebut sengaja dipilih yang “njawani” agar lebih klasik, dan tidak mudah dilupakan orang.

Motif lainnya yaitu batik motif Babar Wahyu Arum, batik yang bermotifkan bunga sedap malam, gunung bromo, dan kombinasi bordir tersebut, sangat elegan dan terkesan mewah. Motifnya juga menggambarkan potensi alam khas Kabupaten Pasuruan. Motif tersebut memiliki filosofi yang diartikan sama dengan anugerah kelahiran, diharapkan dapat membawa kebaikan dan kesejahteraan untuk sesama.

Warna

Selain namanya yang unik, Batik Pasuruan juga mulai dikenal karena mampu menciptakan pewarna kain batik buatan sendiri. Beberapa bahan dasar yang digunakan adalah daun mangga yang memunculkan warna hijau dan kulit kayu mahoni dengan warna merah. Bahan-bahan ini tentu akan memunculkan warna yang alami. Diharapkan Batik Pasuruan, kedepannya bisa menjadi batik yang terkenal seperti batik asal Madura, Pekalongan dan batik-batik dari daerah yang lainnya.

Pengrajin

Pengrajin dan Sentra Batik Kota Pasuruan antara lain:

  • Batik Pusaka Suropati, Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan
  • Ana Fitriyah di Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan
  • Batik Sekarwangi Sejati, Jl. Kyai Syarkowi No.55, Rt.2 Rw.3, Kelurahan tembokrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, WA: 085234121104
  • Sentra Batik Kota Pasuruan di Jl KH Sarkowi, Kelurahan Tembok Rejo, Kota Pasuruan
  • Sentra Batik Kota Pasuruan di Jl Pattimura, Kelurahan Bugul Kidul, Kota Pasuruan

Sumber:fitinline

Share and Enjoy !

0Shares
0

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Kabupaten Pasuruan Jawa Timur

Wed Jan 13 , 2021
Motif Batik Wonosari Anggun, eksotis dan elegan. Setidaknya tiga kata itulah untuk mendeskripsikan ragam corak batik tulis hasil karya pengrajin Kabupaten Pasuruan. Selain menggunakan teknik pewarnaan dari bahan-bahan alami, keunggulannya terletak pada kecantikan motif yang menghiasi di setiap bentangan kain bertekstur lembut. Sangat elok dipandang dan dipakai sebagai busana kesayangan […]

You May Like