Batik Kota Blitar

1

c6af2-batik2bblitar2bmotif2bsingo2bbarong

Kota Blitar merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Blitar merupakan tempat dimana Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno dimakamkan. Kabupaten Blitar memiliki kekayaan alam serta budaya daerah yang menarik sehingga banyak dijadikan inspirasi dalam pembuatan kain batik. Secara kualitas dan mutu, Batik Blitar tidak kalah dengan batik tulis dari daerah lainnya. Batik Blitar memiliki kekhasan corak tersendiri, yang tidak terlepas dari Makam Bung Karno, Candi Penataran dan sebagainya.

Batik Blitar Motif Jalu Watu

afa8c-batik2bblitar2bmotif2bjalu2bwatuSumber: https://batiktutur.wordpress.com

Tutur atau nasehat yang tertuang dalam Batik Blitar ini sarat ekspresi yang mengakar pada ungkapan kehidupan serta filosofi budaya Jawa dalam dunia lambang. Dari ide dasar itu kemudian dikembangkan oleh seniman batik di Blitar, dieksplorasi sedemikian rupa sehingga sesuai dengan selera masa kini. Masing-masing desain memiliki nama yang berbeda, dengan sasmita (isyarat) yang tidak sama dan tutur/cerita/nasehat yang lain pula.

Batik Blitar Motif Awu Nanas

58510-batik2bblitar2bmotif2bawu2bnanasSumber: https://batiktutur.wordpress.com

Beberapa nama motif Batik Blitar yaitu motif Singo Barong, Sido Mulyo, Kopi Blitar, Koi Penataran, Cinde Gading, Gambir Sepuh, Simo Samaran, Awu Nanas, Winih Semi, Jalu Watu, Celeret Dubang, Tanjung Manila, Mupus Pupus, Galih Dempo, Mirong Kampuh Jinggo, Gunung Menyan dan lain-lain.

Batik Blitar Motif Galih Dhempo

727fe-batik2bblitar2bmotif2bgalih2bdhempoSumber: https://batiktutur.wordpress.com

Motif Singo Barong merupakan simbol pakaian batik adat untuk berperang mempertahankan sebuah kekuasaan. Jika mengenakan batik motif Singo Barong ini, maka si pemakai akan mempunyai aura wibawa tinggi untuk memimpin sebuah kekuasaan atau organisasi apapun. Motif Singo Barong ini biasanya dipakai oleh para pejabat pejabat tinggi atau seorang pemimpin dalam suatu perusahaan.

Batik Blitar Motif Singo Barong

c6af2-batik2bblitar2bmotif2bsingo2bbarongSumber: https://batik-blitar.blogspot.com

Motif Sido Mulyo merupakan simbol pakaian batik adat ketimuran yang berperan penting untuk sebuah kemulyaan bagi para Raja. Si pemakai batik motif ini diharapkan akan mempunyai jiwa kepemimpinan yang mulia dan akan mengerti norma-norma hukum yang berbudi luhur sebagai panutan bagi semua orang. Batik

Blitar Motif Sido Mulyo

23966-batik2bblitar2bmotif2bsido2bmulyoSumber: https://batik-blitar.blogspot.com

Motif Koi Penataran, adalah simbol pakaian batik yang mempunyai arti kesuburan, kebahagiaan, keakraban sesama manusia. Si pemakai diharapkan mempunyai jiwa gotong royong dan saling membantu kepada sesama manusia tanpa pamrih. Motif Koi penataran ini biasanya dapat dipakai oleh semua kalangan masyarakat.

Batik Blitar Motif Koi Penataran

4381d-batik2bblitar2bmotif2bkoi2bpenataranSumber: https://batik-blitar.blogspot.com

Motif Kopi Blitar adalah simbol pakaian batik yang mempunyai arti kepemimpinan yang berjiwa adil dalam memutuskan suatu masalah yang dihadapi oleh sebuah perusahaan atau Instansi Pemerintah Daerah. Seseorang yang memakai motif Kopi Blitar ini berarti seseorang tersebut berjiwa adil dalam memutuskan sebuah masalah.

Batik Blitar Motif Kopi Blitar

aaa9d-batik2bblitar2bmotif2bkopi2bblitarSumber: https://batik-blitar.blogspot.com

Jika anda berkunjung ke Blitar, sempatkan mampir ke tempat pembuatan Batik Blitar yang berada di Jalan Borobudur No. 28 Kota Blitar Jawa Timur dan Jalan Pamungkur Kelurahan Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Peragaan Busana Batik Alleira Royal Refined

Fri Oct 3 , 2014
Dalam rangka ikut memeriahkan Plaza Indonesia Men’s Fashion Week pada 26 September lalu, Alleira Batik yang selalu menghadirkan batik modern serta ingin mengangkat batik menjadi fashion dunia kembali memamerkan koleksi terbarunya berupa koleksi pria yang berbeda dengan mengusung tema ‘Royal Refined’ di function hall, Plaza Indonesia. Sebagaimana keunikan koleksi batik […]