Batik Kabupaten Sumenep Jawa Timur

Batik Kraton Sumenep motif Limar Buket (https://nlyliyani.wordpress.com)

Batik Tulis Sumenep merupakan salah satu warisan budaya dari Keraton Sumenep. Secara Umum batik tulis ini hampir sama dengan batik tulis di Madura pada umumnya, namun yang membedakan dari daerah lain, selain pewarnaannya yang cenderung kontras, batik tulis Sumenep mempunyai motif yang unik.

Motif

Batik Kabupaten Sumenep (https://investigasi.today)

Pengerjaan batik Madura tidak sehalus batik Jawa, tata warnanya sangat menyolok, begitu juga motifnya, yang juga besar, tegas. Hal ini sejalan dengan alam Madura yang keras dan watak orang Madura yang berani dan tegas.

Motif batik Sumenep yang melukiskan tentang biota lautnya, sehingga yang ada di daerah pesisir lainnya justru sangat jarang sekali mempunyai corak dan motif seperti gambar ikan, kain batik tulis yang dibuat Pengrajin Batik Sumenep itupun tetap ada dengan motif yang berbeda.

Batik Kabupaten Sumenep by Batik Canteng Koneng (https://www.genpimadura.id)

Batik Kabupaten Sumenep juga mempunyai corak dan motif dari segi motif gambar Bunga, Dedaunan, dan Binatang darat yang lebih dominan terhadap gambar dan coraknya. Sehingga dari segi tingkat kerumitan pada gambarnya juga sangat menentukan harga batik Sumenep.

Dari segi motif dan variasi dan corak keunikannya dalam satu kain banyak yang terdiri dari beberapa motif. Dengan dimulai dari dua hingga tiga motif dalam satu kain. Terkadang membuatnya terlihat ramai akan tetapi kombinasi motif corak dan warna tetap terlihat harmonis, sangat cocok bagi yang memakainya.

Batik Kabupaten Sumenep (https://travel.kompas.com)

Motif Favoritnya bergambar Beras Tumpah, Alam Dedaunan, Burung Merak, Motif Burung Garuda Serta Motif Bunga Tulip.

Warna

Batik Kabupaten Sumenep dengan menggunakan lebih dua warna dan minimal tiga warna dalam satu lembar kain, meskipun tetap bernuansa cerah. Warna utamanya adalah merah, merah tua atau jingga, biru tua, hijau tua, hitam dan putih.

Sentra

  • Sentra batik tulis Sumenep terdapat di daerah Pakandangan, Kecamatan Bluto, sekitar 16 km ke arah selatan dari pusat Kota Sumenep.
  • Batik Canteng Koneng di Jl. Kartini Gg II No 01 Pangarangan, Kabupaten Sumenep

Sumber: metrojatim

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Prosesi Pernikahan Adat Moronene Bombana Sulawesi Tenggara

Sat Jan 16 , 2021
Pernikahan Adat Moronene (https://febryaristian.wordpress.com/) Suku Moronene merupakan salah satu suku yang ada di Sulawesi Tenggara dan berada di wilayah Kabupaten Bombana. Suku Moronene memiliki warisan kebudayaan yang unik dan beragam. Salah satu-nya adalah tradisi adat perkawinan yang dalam bahasa moronene disebut Kawi’a. Tradisi adat Kawi’a ini masih tetap di junjung […]

You May Like