Batik Kabupaten Sampang Jawa Timur

Batik Kabupaten Sampang (https://kabarmadura.id)

Batik Kabupaten Sampang biasa dikenal dengan nama Batik Kotah, memiliki motif khas Madura berupa flora dan fauna (misalnya : motif kembang dan burung) dengan warna paling dominan yaitu merah dan hijau di atas bahan sutera dan katun yang tidak kalah dengan batik daerah lain.

Motif

Batik Kabupaten Sampang (https://lifestyle.okezone.com)

Motif Batik Trunojoyo memang mengangkat motif benda-benda yang berkaitan dengan sejarah Pangeran Trunojoyo yang bergelar Panembahan Maduretno, benda-benda, seperti tombak, anyaman daun pandan, daun kelor, dan daun jambu air. Tombak merupakan pusaka andalan Raden Trunojoyo. Setiap bepergian, tombak tersebut tidak pernah lepas dari genggamannya. Di bagian bawah tombak terdapat anyaman pandan. Hal itu untuk membedakan antara batik yang berasal dari luar dan Madura.

Di tengah Batik Trunojoyo terlihat motif daun agak lebar. Daun tersebut mewakili ciri khas buah-buahan di Sampang. Buah-buahan yang dimiliki masyarakat Sampang adalah jambu air.

Batik Kabupaten Sampang (https://gambarmadura.wordpress.com)

”Motif utama Batik Trunojoyo tidak berubah. Hanya saja terkadang perajin menambah kombinasi sesuai dengan potensi yang ada di daerahnya,” ujar Aminatuttaqiyah, Pemilik usaha batik Al-Qomari.

Desain motif batik Kabupaten Sampang akan sarat dengan sejarah, seperti situs Rato Ebu di Madegan, Kelurahan Polagan dan Kera Nepa.

Batik Kabupaten Sampang (https://gambarmadura.wordpress.com)

Warna

Batik Sampang klasik yang didominasi warna cokelat dipadupadankan dengan bahan ceruti, jaguar, tule, dan satin yang membuatnya terlihat anggun.

Dahulu, rata-rata Batik Kabupaten Sampang kalau enggak merah, hitam, warna-warna tentu sekarang,  bervariasi seperti biru, merah muda, silver, violet, hijau, emas, dan merah.

Pengrajin

Adapun pengrajin Batik Kabupaten Sampang yaitu:

  • Galery Srykrisnha, Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang
  • Sentra produksi batik Kabupaten Sampang  berada di Kecamatan Kota, Kecamatan Camplong dan Kecamatan Banyuates

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Kabupaten Sumenep Jawa Timur

Thu Jan 14 , 2021
Batik Kraton Sumenep motif Limar Buket (https://nlyliyani.wordpress.com) Batik Tulis Sumenep merupakan salah satu warisan budaya dari Keraton Sumenep. Secara Umum batik tulis ini hampir sama dengan batik tulis di Madura pada umumnya, namun yang membedakan dari daerah lain, selain pewarnaannya yang cenderung kontras, batik tulis Sumenep mempunyai motif yang unik. […]
<