Batik Kota Tangerang Banten

Batik khas Kota Tangerang (https://cute766.info)

Indonesia memiliki berbagai macam kesenian dan kebudayaan, salah satunya adalah batik. Banyak orang yang sudah lama mengenal batik sebagai seni budaya khas Indonesia. Kepopuleran batik bahkan sudah terdengar hingga ke telinga mencanegara.

Motif

Sejauh ini, Kota Tangerang sudah mematenkan beberapa motif batik dari 9 motif batik. Kesembilan motif tersebut. 9 motif batik itu diantaranya, Herang, Nyimas Melati, Perahu Naga, Akhlakul Karimah, Tari Cokek, Cisadane 1, Cisadane 2, Masjid Al Azhom dan Barongsai.

Motif batik Tangerang Herang

Motif batik Tangerang Herang (https://www.iwarebatik.org)

Motif batik Tangerang Herang ini memiliki nilai filosofis yang sederhana dari asal muasal kata herang, yakni bercahaya atau terang dan merupakan gabungan dari beberapa motif, yakni Gedung paviliun, sepuluh pintu, perahu, dan bunga melati.

Motif batik Nyi Mas Melati

Motif batik Nyi Mas Melati (https://megapolitan.kompas.com)

Nyi Mas Melati sebagai seorang pendekar perempuan dahulu di Kota Tangerang, sebagai pahlawan wanita setempat yang berjuang melawan penjajah Belanda pada abad ke-19.

Motif batik Perahu Naga

Motif batik Perahu Naga (https://gramho.com)

Merupakan salah satu jenis olahraga yang dilakukan di Sungai Cisadane.

Motif batik Cisadane

Cisadane merupakan Sungai yang membentang mengelilingi Tangerang.

Motif batik Masjid Al Azhom

Masjid Al Azhom dengan kemegahan kubah terbesar di dunia,

Warna

Batik kota Tangerang lebih dominan bermain di warna redup dan cenderung menampilkan warna yang tegas tidak melebur di banyak warna.

Pengrajin Batik

Pembentukan Kampung Batik Kembang Mayang di RW 11 Kelurahan Larangan Selatan, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang telah mendorong jumlah pengrajin batik bertambah.

Semakin meluas ke wilayah RW 04 Kelurahan Larangan Selatan yang tak jauh dari Kampung Batik Kembang Mayang ini mulai membentuk kampung batik. Dinding rumah warga mulai dihiasi dengan mural bergambar batik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat

Sun Aug 1 , 2021
Batik Sukapura (https://youtube.com) Kabupaten Tasikmalaya yang semula bernama Kabupaten Sukapura ini telah memproduksi batik dengan motif-motif lingkungan alam. Pada tahun 1900-an, pertumbuhan ekonomi di Sukapura mulai tampak, masa penjajahan Belanda tersebut Sukapura telah memiliki beberpa industri kreatif yang laku di pasaran Hindia Belanda, seperti payung, batik, dan anyaman. Corak Batik […]

You May Like