Batik Bangka Belitung

2a9ec-20130616-081422_nv310506nvbatik_bangka_motif_cual_2-185x220

Bangka Belitung, Provinsi yang baru diresmikan tahun 2000 ini selain mempunyai keindahan alamnya yang khas juga mempunyai kain tradisional yang indah pula dengan kisah tersendiri. Kain tradisional yang terkenal dari Bangka Belitung adalah Kain Cual Bangka. Kain Cual Bangka merupakan kain tenun yang memiliki motif yang cantik, unik, dan khas. Motif kain cual merupakan motif asli Bangka Barat peninggalan leluhur yang selama ini belum begitu populer karena produksinya sangat minim.

Kain Cual Bangka ini sama halnya dengan kain tenun khas Palembang yaitu songket. Namun, Tenun Cual memiliki warna khas Melayu yang lebih cerah dan memiliki lengkungan serta selalu dengan motif flora dan fauna. Ada sembilan motif cual yang telah resmi dipatenkan oleh pemerintah yakni Kembang Kenanga, Bebek dan Kembang Sumping, Ubur-ubur, Merak, Gajah Mada 2003, Kembang Setangkai dan Kembang Rukem, Bebek Setaman, Kembang Rukem dan Kembang Setaman. Masih banyak juga motif yang lainnya dan masing-masing memiliki keunikan serta ciri tersendiri.

Kain Cual Bangka

a32ef-kaincualbangka Sumber: https://travel.detik.com

Kain cual ini aslinya adalah kain tenun songket, namun agar bisa dipakai sehari-hari oleh masyarakat Bangka sehingga dimodifikasinya menjadi kain batik. Kain cual pertama diciptakan berupa tenun, namun pada perkembangannya diproduksi dengan cara dibatik karena lebih mudah pengerjaannya dan bisa dilakukan massal.

Batik Bangka Motif Cual

7d6dd-batikbangkamotifcual4 Sumber: https://contenttugas.wordpress.com

Motif-motif yang unik nan indah tersebut menjadi inspirasi untuk dikembangkan pada kain batik khas Bangka atau biasa disebut Batik Cual. Saat ini produksi Batik Bangka masih terbatas dan belum terkenal seperti batik dari daerah lain. Namun Batik Bangka akan mampu bersaing karena memiliki kekhasan sendiri dengan aneka ragam motif khas Melayu.

Batik Bangka Motif Cual

Digital Camera  Sumber: https://batikbangka.wordpress.com

Batik Cual mempunyai keunikannya tersendiri, motifnya hanya ada dua yaitu flora dan fauna. Sesuai dengan nama motif-motifnya seperti kembang gajah, burung hong, bebek-bebekan, naga bertarung, corak kepiting, udang dan cumi-cumi dan masih banyak corak lainnya. Setiap motif Batik Bangka mempunyai filosofi tersendiri, misalnya motif bunga yang mencerminkan kesucian, keanggunan rezeki dan segala kebaikan, contoh lain adalah motif bebek yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.

Batik Bangka Motif Cual

0e1f2-batikbangkamotifcual1 Sumber: https://sketsabudaya.blogspot.com

07770-batikbangkamotifcual2 Sumber: https://sketsabudaya.blogspot.com 

Di Kabupaten Belitung Timur juga terdapat Batik Bangka dengan motif yang unik yaitu Gelas Kopi. Gelas kopi yang asapnya mengepul menjadi salah satu motif buatan khas Belitung Timur. Batik ini sebagai simbol kecamatan Manggar yang dijuluki Kota 1001 Warung Kopi. Selain itu juga terdapat Batik Bangka dengan motif katis rambai (daun pepaya yang buahnya kecil menjuntai), kupu-kupu di daun simpor, dan ikan air tawar Cempedik yang disebut hanya ada di Belitung.

Batik Bangka Motif Gelas Kopi

cdf0f-batikbangkamotifgelaskopi Sumber: https://www.antarababel.com 

Menggunakan batik dalam berbagai cara untuk berbagai kegiatan sebenarnya menjadi salah satu wujud rasa kebanggaan dan kecintaan pada batik. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menghimbau kepada seluruh pegawai agar menggunakan Batik Cual setiap hari Jum’at sebagai upaya pelestarian dan mempromosikan kain bermotifkan tradisional tersebut. Setiap kabupaten kota punya warna dan motifnya sendiri. Contohnya saja, PNS Belitung Timur memakai batik warna merah motif bebek-bebekan, kalau PNS Bangka Barat itu motifnya burung Hong, sedangkan Bangka Selatan memakai batik kain cual motif lada.

Batik Bangka

cual Sumber: https://ktupat.blogspot.com 

Upaya Pemerintah yang lain untuk mempopulerkan kain batik motif cual yaitu melalui lomba cipta dan peragaan busana. Selain itu pameran produk usaha kecil dan menengah (UKM) lokal dengan melibatkan seluruh pelaku usaha batik di daerah itu.

Jika anda berkunjung ke Bangka Belitung, sempatkanlah mampir ke tempat pengrajin Kain Cual dan kain Batik Bangka yang terletak di Jl. Jendral A. Yani no 46, Pangkalpinang.

Showroom Batik Bangka

detik_img0488 Sumber: https://travel.detik.com

Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Lampung

Sat Oct 26 , 2013
Sejarah menyebutkan, Lampung sudah mengenal seni tekstil sejak abad ke 18. Ragam seni tekstil Lampung antara lain kain tapis (kain tenun ikat), bidak, sebage, teppal, selekap, cindai, peleppai (kain bermotif kapal), dan nampan. Namun kebanyakan orang mengenal Lampung dari kain tapisnya. Kain Tapis merupakan salah satu jenis kerajinan tradisional masyarakat […]

You May Like