Batik Bandung

3

e2784-20130609-081408_nv310506nvbatik_bandung_motif_boscha_perkasa-185x220

Menghabiskan weekend dengan jalan-jalan ataupun berbelanja memang tak ada salahnya, apalagi untuk menghilangkan kejenuhan selama bekerja. Dan bisa jadi pilihan sahabat adalah menjelajahi kota Bandung. Kota Bandung memiliki beberapa sebutan yaitu Kota Kembang dan juga Paris Van Java. Di Bandung juga terdapat tempat wisata yang asyik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Bagi anda pecinta batik, di Bandung juga terdapat sentra kerajinan batik. Batik Bandung memiliki motif serta keunikan yang berbeda dengan batik dari daerah lain. Batik Bandung memiliki beberapa jenis menurut tempat asal pembuatannya yaitu Batik Kota Bandung, Batik Kabupaten Bandung, dan Batik Kabupaten Bandung Barat.

Pada zaman sebelum kemerdekaan, Batik Bandung dibuat oleh para perajin di sekitar pinggiran sungai Cikapundung. Namun pada saat ini penginggalannya sudah tidak tersisa. Saat ini batik Bandung berkembang dan lebih mengedepankan desain kontemporer dan modern, mengingat Bandung sebagai kota kreatif. Namun ada pula beberapa motif kedaerahan yang pernah dikembangkan. Ada beberapa daerah pengembangan Batik Bandung, diantaranya berada di daerah Cigadung, yakni daerah dekat Taman Makam Pahlawan Cikutra. Di daerah ini ada beberapa tokoh yang berkiprah dalam pengembangan batik Jawa Barat. Adapula industri kerajinan batik yang berada di daerah Sarijadi dan Bojong Koneng.

Batik Bandung Motif Patrakomala Cangkurileung

fe77e-batikbandungmotifpatrakomalacangkurileung Sumber: https://balareabatikjabar.org 

Batik Bandung Binari Kawung

c6615-batikbandungmotifbinarikawung Sumber: https://balareabatikjabar.org

Motif-motif batik Bandung berkaitan erat dengan kerajaan Pajajaran. Konon dalam naskah kuno Siksa Kanda Ing Karesian, telah dikenal berbagai motif batik di Rakean Darma siksa (1175-1297). Motif-motif batiknya antara lain motif Ragen Penganten, Kampuh Jayati, dan lain sebagainya. Namun motif-motif ini hilang bersamaan dengan lenyapnya kerajaan Pakuan Pajajaran sekitar tahun 1579. Ada beberapa motif yang berhasil direka ulang, yakni motif Ragen Penganten, kembang Muncang Jayanti, dan Banyak Ngantrang, yang kemudian dikenal sebagai motif batik Pakuan Pajajaran. Motif-motif inilah yang diterapkan pada Batik Kabupaten Bandung.

Batik Bandung Motif Jalak Harupat

49db6-batikbandungmotifjalakharupat Sumber: https://balareabatikjabar.org

Batik Bandung Ragen Panganten

c8d51-batikbandungmotifragenpanganten Sumber: https://balareabatikjabar.org

Ada beberapa wilayah dimana batik khas Kabupaten Bandung Barat berkembang, salah satunya adalah batik Lembang. Batik Lembang muncul di daerah kayu ambon pada tahun 2007 atas prakarsa salah seorang kolektor batik. Pada awalnya daerah ini hanya menjual batik dari berbagai daerah, lambat laun daerah ini memproduksi batik dengan motif sendiri yang tersinspirasi dari kearifan tanah Lembang. Saat ini ada beberapa motif yang dikembangkan antara lain motif kenanga, bintang, boscha, papatong pucuk teh, kawung stroberi, dan pinus.

Batik Bandung Motif Boscha Perkasa

961d9-batikbandungmotifboschaperkasa Sumber: https://balareabatikjabar.org

Batik Bandung Motif Stroberi

e38e3-batikbandungmotifstroberi Sumber: https://balareabatikjabar.org

Di Bandung juga terdapat batik dengan corak atau motif abstrak. Motif abstrak memang lepas dari pakem batik tradisional, namun teknik membatiknya tetap sama yaitu menggunakan teknik batik tulis. Pada motif abstrak yang tergambar hanyalah garis geometris berwarna cerah. Batik abstrak kontemporer ini tampil ekspresif, bebas, bahkan polos, yang menjadi bentuk murni ungkapan jiwa.

Batik Bandung Motif Abstrak 

94504-batikbandungmotifabstrak1 Sumber: https://liestinaagustin.blogspot.com 

9bc43-batikbandungmotifabstrak2 Sumber: https://liestinaagustin.blogspot.com 

Semoga artikel dari kami bermanfaat serta bisa menambah dan melengkapi pengetahuan anda mengenai batik Nusantara. Cintai terus budaya bangsa ya sahabat.

Sumber: Fitinline

3 thoughts on “Batik Bandung

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Cap

Tue Nov 5 , 2013
Mau tetap pakai busana batik dengan harga terjangkau? Pilih saja batik cap. Batik cap berbeda dengan printing karena batik cap masih menggunakan kaidah-kaidah pembatikan, sedangkan printing sebenarnya hanya kain yang bermotif batik. Batik cap biasanya memiliki motif yang berulang dan lebih simpel dibanding dengan batik tulis. Yuk simak caranya membuat […]

You May Like