Andalkan Desa Wisata, Purbalingga Targetkan 1 juta Wisatawan

56a29-andalkan-desa-wisata-purbalingga-targetkan-1-juta-wisatawan Jembatan Cinta

Kunjungan wisatawan selama musim libur Lebaran di desa wisata yang ada di Purbalingga Jawa Tengah mengalami tren kenaikan signifikan. Tercatat kenaikan mencapai empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Pemerintah daerah juga menargetkan satu juta wisatawan tahun ini, seperti dikutip merdeka.com.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinporabudpar) Purbalingga, Prayitno mengemukakan kunjungan wisata di tahun 2015 hanya 13.405 pengunjung. Sementara pada libur lebaran tahun 2016 ini yang dihitung mulai tanggal 7 hingga 12 Juli sebanyak 63.962 wisatawan, ujarnya.

Ia mengemukakan tren tersebut menjadi fenomena kemunculan wisata alternatif yang ada di wilayahnya. Prayitno menjelaskan, penggalian potensi desa untuk destinasi wisata terus diupayakan di beberapa desa wisata yang berada di wilayah Purbalingga.

“Dalam tahun 2015, kunjungan ke desa wisata seluruhnya 276 ribu orang, dan pada tahun 2016 ini target kunjungan sebanyak satu juta wisatawan, ungkapnya.

Data terakhir tercatat, kunjungan ke desa wisata selama libur lebaran ini tercatat paling banyak di Desa wisata Serang, Kecamatan Karangreja sebanyak 28.100 orang.

Kemudian Desa Panusupan Kecamatan Rembang 12.575 orang, Desa Tanalum, Rembang 7.980 orang, Desa wisata Karangcegak, Kecamatan Kutasari 7.046 orang, Desa wisata Siwarak Karangreja 4.600 orang, Desa Bantarbarang Kecamatan Rembang 1.870 serta beberapa desa lainnya, terangnya.

Sumber: Merdeka

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Alat Musik dari Genteng dan Keramik

Fri Aug 19 , 2016
Jatiwangi merupakan suatu tempat di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, yang merupakan tempat penghasil genteng terbaik di Indonesia. Genteng yang dihasilkan dari Jatiwangi terkenal kuat dan tahan lama, sebab diolah melalui pemilihan tanah liat terbaik. Namun, Jatiwangi kini tidak hanya sebagai tempat penghasil genteng, melainkan juga pusat kreativitas di Kabupaten Majalengka. […]