Ada Sosok Wayang Ramayana Jaga TPS di Ponggalan Yogyakarta

Wayang orang Ramayana di TPS Jogja. ©2014 Merdeka.com/Kresna

Berbagai cara digunakan oleh panitia pemungutan suara (PPS) untuk menarik perhatian warga untuk menggunakan hak pilihnya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kostum unik. Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 yang berada di RT 05/RW 14 Ponggalan, Giwangan adalah salah satunya. Dengan menggunakan kostum wayang orang Ramayana, para petugas di TPS 5 melayani para pemilih.

“Kami sengaja mengambil tema cerita Ramayana. Selain sebagai upaya menarik minat warga untuk datang ke TPS, penggunaan kostum Ramayana juga sebagai bagian melestarikan budaya,” kata Agus Saputro selaku panitia di TPS 5 Ponggalan, Giwangan, Yogyakarta, Rabu (9/4).

Agus menambahkan bahwa kampung Ponggalan merupakan salah satu kampung budaya yang ada di Yogyakarta. Di Ponggalan wayang kulit dan wayang orang sudah merupakan salah satu budaya yang coba dihidupkan lagi oleh warga.

Demi menarik perhatian warga, para panitia di TPS 5 Ponggalan rela berdandan sejak pukul setengah enam pagi. Para panitia ini berdandan dan mengenakan kostum sendiri. Kostum Ramayana yang digunakan merupakan kostum inventaris atau properti milik kampung.

“Ini semua milik kampung jadi tinggal meminjam saja. Tidak dikenakan biaya sewa,” ujarnya.

TPS 5 Ponggalan sendiri melayani total 398 pemilih. Ada 206 pemilih perempuan, 192 pemilih laki-laki dan dua pemilih dengan kebutuhan khusus.[gib]

Sumber: Merdeka

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Pakaian Adat Bali

Sun Jun 8 , 2014
Tidak bisa dipungkiri bila pakaian adat Bali memiliki keanggunan dan pesona yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan pakaian adat Indonesia lainnya. Seperti halnya pakaian adat tradisional di daerah lain, pakaian adat Bali juga memiliki arti tersendiri yaitu sebagai simbol kepatuhan terhadap Sang Hyang Widhi. Bahkan penggunaan pakaian adat dengan […]