978 Desa Wisata Tumbuh di Indonesia

(https://wiyono05.blogspot.com)

Keberadaan desa wisata di Indonesia berkembang pesat. Hanya dalam kurun tiga tahun, jumlah destinasi kampung wisata bertambah hingga lima kali lipat.

Mengacu data Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, saat ini di Indonesia terdapat 978 desa wisata. Jumlah ini meningkat tajam dibanding tahun 2009, yang hanya tercatat 144 desa untuk tujuan pariwisata.

Desa Wisata Rantih Talawi (https://gpswisataindonesia.info)

Ditemui di Yogyakarta, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Bakri, meminta pelaku usaha ini tidak perlu risau mengenai masalah modal. “Kembangkan terus potensi wisata yang dimiliki desa. Masalah modal tidak perlu khawatir karena Pemerintah Pusat sudah menyiapkan bantuan dana lewat program PNPM Pariwisata,” katanya.

Khusus Provinsi DIY, ada 51 desa yang terdaftar sebagai penerima program ini. Penyaluran bantuan nantinya dilakukan secara bertahap sebanyak tiga kali. Tahap pertama, dana dicairkan sebesar Rp 70 juta. Dua tahap berikutnya, penyaluran masing-masing Rp 100 juta.

“Jika dikelola dengan baik, desa wisata bisa memberikan keuntungan bagi penduduk. Tapi disisi lain, jangan cuma berorientasi pada profit, karena lebih penting untuk mengembangkan kualitas SDM pengelola,” tandasnya.

Sumber: Suara Merdeka

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja Batik Banyumasan

Mon Aug 19 , 2013
Oleh Tri Agus Yogawasista Batik Banyumas sedang dikerjakan (https://tempo.co) Perkembangan batik di Banyumas berpusat di daerah Sokaraja dibawa oleh pengikut-pengikut Pangeran Diponegero setelah selesainya peperangan tahun 1830, mereka kebanyakan menetap didaerah Banyumas. Pengikutnya yang terkenal waktu itu ialah Najendra dan dialah mengembangkan batik celup di Sokaraja. Bahan mori yang dipakai […]