6 Ide Sajian Takjil Anti Ribet yang Bisa Dicoba!

Takjil Bubur Sumsum

Apa yang paling ditunggu sama Sahabat GWI semua saat Ramadhan datang? Mungkin salah-satunya adalah saat berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Apalagi saat berbuka ada hidangan takjil yang segar, manis dan lezat. Bisa jadi tambah seru lagi kalau Sobat Pesona menyantap takjil buatan sendiri, nih. Waktu ngabuburit lebih bermanfaat dengan masak takjil praktis saat di rumah aja seperti sekarang ini.

Nah, ada 6 ide takjil manis dan segar yang bisa dimasak saat di rumah aja. Bikin yuk!

1. Kolak Pisang & Ubi

Kayaknya, takjil khas Ramadhan di Indonesia memang kolak, deh. Mau kolak pisang, ubi atau apapun itu, kolak memang punya rasa yang menyegarkan untuk berbuka puasa. Dengan kuah manis dari gula aren, aroma pandan dan juga irisan pisang atau ubi yang kaya akan gizi. Tenang, bikinnya mudah kok.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

500 gram pisang raja, potong
250 gram ubi, kupas potong kotak
50 gram gula merah
30 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
600 ml air
200 ml santan kental
1 lembar daun pandan, ikat

Cara membuatnya:

1. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan ubi. Masak hingga tekstur ubi sedikit empuk.
2. Masukan gula merah, gula pasir, garam, dan pandan.
3. Setelah gula mencair, masukan pisang ke dalam panci.
4. Aduk beberapa saat hingga pisang melunak.
5. Terakhir, tuang santan dan masak hingga mendidih.
6. Kolak pisang ubi siap disajikan.

2. Es Blewah

Tau buah Blewah kan, Sobat Pesona? Buah yang bulat dan warna kulitnya berubah jadi kuning bila sudah benar-benar matang. Beberapa orang menjulukinya dengan buah semangka Belanda. Tapi, sebenarnya buah yang kaya air dan serat ini asal muasalnya dari Afrika, lho. Karena rasa daging buahnya yang segar, jadi cocok banget untuk berbuka puasa. Gampang kok membuatnya!

Bahan-bahan yang diperlukan:

1 buah blewah (serut daging buahnya)
Sirup rasa jeruk atau cocopandan (sesuai selera)
10 sdm gula (cairkan)
Es serut atau es batu (secukupnya)
Air putih (secukupnya)
Biji selasih (secukupnya, jika suka)

Cara membuatnya:

1. Campur buah blewah yang telah diserut, es batu, gula cair, biji selasih dan air putih secukupnya.
2. Tambahkan sirup rasa jeruk atau cocopandan secukupnya.
3. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
4. Sajikan es blewah sebagai menu takjil buka puasa. Seger banget!

3. Es Timun Suri

Minuman berbuka puasa ini juga sama segarnya dengan Es Blewah, karena berasal dari daging buah timun yang diserut. Biasanya timun suri banyak muncul saat Ramadhan. Padahal Timun Suri bukan termasuk buah musiman yang artinya bisa ditanaman kapan saja. Minuman khas Cirebon, Jawa Barat ini pas banget kalau dinikmati dengan sirup cocopandan. Bikin yuk!

Bahan-bahan yang dipersiapkan:

Sirup Coco Pandan
Timun Suri yang diserut daging buahnya
Cincau Hitam sesuai selera
Nata de coco sesuai selera
Kolang Kaling
Selasih jika suka
Air
Es Batu

Cara membuatnya:

1. Kupas timun suri, setelah itu serut daging buahnya.
2. Cuci kolang kaling kemudian rebus hingga empuk, angkat.

  • Cuci cincau hitam dengan air matang setelah itu potong-potong. Seduh selasih dengan air matang beberapa menit kemudian, tiriskan.
  • Siapkan wadah, masukkan semua bahan-bahan seperti sirup, timun suri, cincau hitam, nata de coco, selasih, air dan es batu. Campur menjadi satu kemudian aduk rata.
  • Es Timun Suri siap dinikmati!

4. Bubur Sumsum

Sahabat GWI tau nggak kenapa bubur dengan bahan dasar tepung beras ini dinamakan bubur sumsum? Karena warnanya yang putih, mirip dengan sumsum tulang. Bubur Sumsum ini sering dijumpai di tempat asalnya di Pulau Jawa. Karena rasanya yang manis dan gurih, bubur sumsum sering divariasikan dengan menambahkan potongan buah atau menambahkan warna hijau dari daun suji. Untuk membuatnya tidak sulit kok.

Bahan-bahan yang dipersiapkan:

Untuk Buburnya

50 gr tepung beras
500 ml santan (dari 1/3 kelapa)
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan

Kuah Kinca

150 gr gula merah
1 sdt gula pasir
150 ml air
1 lembar daun pandan

Catatan: Jika santannya ingin dipisah maka ganti dengan air. Dengan perbandingan yang sama 1:10 agar buburnya lembut.

Cara Membuatnya:

1. Bagi 2 santan, jerang santan bagian satu dengan 1 lembar daun pandan dan garam.
2. Campurkan bagian santan kedua dengan tepung beras, aduk rata sampai tidak ada yang bergerindil.
3. Setelah santan bagian satu mendidih, kecilkan api, masukkan campuran santan kedua, terus aduk bubur sampai meletup letup, matikan api.
4. Membuat kuah kinca: masak semua bahan sampai mendidih, matikan api, saring.
5. Siramkan kuah kinca sebelum disajikan

5. Es Cincau

Cincau sebenarnya bukan minuman asli dari Indonesia. Nama Cincau berasal Bahasa Hokkian dari nama daun yang diolah menjadi Minuman Segar. Cincau hitam lazim ditemukan di negara-negara Asia seperti Indonesia, sedangkan Cincau hijau biasanya diproduksi oleh produsen lokal seperti daerah Bogor, Bandung dan kota-kota lain di Jawa Barat. Cincau hitam ataupun hijau sama-sama segar dan enak, lho buat minuman berbuka puasa. Cara membuatnya juga mudah dan praktis!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

500 gram cincau hitam, siram air panas, potong kotak sesuai selera
Es serut secukupnya
Kuah Santan:
600 ml santan dari 1 butir kelapa
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili
3 lembar daun pandan, buat simpul
Sirup Gula Merah:
200 gram gula merah
100 ml air

Cara Membuat:

1. Untuk kuah santan, rebus semua bahan jadi satu.
2. Aduk-aduk santan agar tidak pecah hingga mendidih.
3. Angkat, biarkan dingin. Untuk sirup gula merah, rebus gula merah dan air hingga gula merah larut.
4. Aduk dan tunggu mendidih. Angkat, dinginkan.
Cara Penyajian:
1. Tata beberapa sendok cincau hitam dalam mangkuk atau gelas.
2. Siram dengan gula merah.
3. Tuangkan santan.
4. Beri es serut di bagian atas.
5. Es cincau siap disajikan.

6. Es Kelapa Jeruk

Nah, minuman takjil yang satu ini selain segar dan nikmat juga punya banyak manfaat, Sahabat GWI. Daging buah Kelapa kaya akan protein dan kalium, sedangkan Jeruk punya banyak vitamin C. Perpaduan kelapa dan jeruk ini pas banget buat jadi pelepas dahaga di waktu berbuka puasa. Minumannya cukup mudah dan praktis, kok. Yuk, coba bikin!

Bahan-bahan yang diperlukan:

2 buah kelapa muda
5 buah jeruk peras (jeruk siam)
1 liter air matang/air kelapa
300 gr gula pasir
2 lembar daun pandan

Cara membuatnya:

1. Keruk daging buah kelapa muda, seduh dengan air panas, tiriskan. Tampung air kelapa secara terpisah.
2. Sirup gula: masak air kelapa, gula pasir, dan daun pandan hingga gula larut. Dinginkan.
3. Peras jeruk siam, ambil air jeruknya, sisihkan.
4. Siapkan gelas, letakkan daging kelapa muda, tuangi air jeruk dan sirup gula, aduk rata.
5. Tambahkan es batu atau bisa disimpan dalam kulkas hingga saat berbuka puasa tiba.

Nah, bagaimana Sahabat GWI? Ternyata tidak sulit ya masak takjil sendiri di rumah? Apalagi saat memasaknya bareng sama keluarga untuk menghabiskan waktu bersama saat ngabuburit. Pasti jadi lebih seru.

Sumber: IndonesiaTravel

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Lezat dan Bergizi Saat Sahur? Nih, Ada 5 Resep Anti Ribet

Thu Jun 10 , 2021
Sayur bening Biasanya apa sih hidangan kesukaan Sahabat GWI saat makan sahur di Bulan Ramadhan? Apapun yang dikonsumsi Sobat Pesona yang penting dapat memenuhi kebutuhan gizi dan juga menjaga stamina tubuh saat berpuasa. Biar Ramadhan makin berkesan saat di rumah aja seperti sekarang, gimana kalau Sobat Pesona masak sendiri hidangan […]