5 Hal yang Perlu Dilakukan Wisatawan Saat Hujan Abu

Hujan abu di Solo (Muchus/detikTravel)

Abu Gunung Kelud juga sampai di Yogyakarta, Solo dan berbagai kota lain. Sejumlah tempat wisata seperti Candi Borobudur ikut tertutup abu. Untuk traveler yang berada di tempat yang terkena abu, ikut 5 tips berikut.

Hujan abu Gunung Kelud sungguh di luar perkiraan para traveler. Rencana liburan di sejumlah kota terdampak, mendadak buyar. Jangan bingung, disusun detikTravel, Jumat (14/2/2014) inilah 5 tips traveler yang berada di kawasan terdampak abu Kelud:

1. Batalkan semua itinerary liburan

Kalau tempat liburan Anda ternyata dihujani banyak abu vulkanik, batalkan semua acara. Diam saja di satu tempat. Ini adalah kondisi force majeur. Dengan membatalkan kegiatan, ini adalah salah satu cara untuk mencegah Anda menghirup abu debu vulkanik.

Serombongan wisatawan sedang menyeberang di Jalan Malioboro. Meski hujan abu di Yogyakarta cukup parah, wisatawan tetap ke Jogja, meski harus mengenakan masker.

2. Sebaiknya diam di hotel

Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan seperti menghirup abu, sebaiknya Anda meminimalisir keluar ruangan. Tetaplah tinggal di hotel hingga kondisi memungkinkan. Jangan memaksakan diri untuk keluar atau bermain di tempat wisata.

3. Pantau berita terkini

Hal pertama yang dilakukan jika Anda berada di kawasan terdampak letusan gunung adalah terus memantau berita terkini. Lewat berita, traveler bisa tahu separah apa dan dampak dari letusan gunung. Anda juga bisa tahu lokasi-lokasi mana saja yang terkena dampak letusan.

4. Segera cari masker

Abu vulkanik yang menyebar usai letusan gunung bisa menyebabkan gangguan pernafasan. Untuk itu, begitu tempat liburan terkena efek letusan gunung berupa hujan abu, segera cari masker. Gunakan masker atau kain apapun yang bisa digunakan untuk menutup hidung rapat.

5. Koordinasi dengan pihak hotel, atau operator tour

Begitu tahu destinasi tujuan terkena dampak efek abu vulkanik, langkah selanjutnya yang perlu diambil adalah koordinasi dengan pihak terkait. Anda bisa menghubungi pihak hotel atau operator tour. Tanyakan langkah apa yang harus dilakukan demi keamanan.

Sumber: Travel Detik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

5 Tips Terjebak Hujan Badai di Gunung

Fri Mar 14 , 2014
Foto: (Winda Damayanti/ d’traveler) Tak pernah ada yang tahu soal cuaca. Ia bisa berubah drastis kapan saja di mana saja, termasuk di gunung. Jika ini terjadi pada Anda, ada 5 hal yang perlu diperhatikan. Dikumpulkan detikTravel, Jumat (17/1/2014) inilah 5 tips jika Anda terjebak badai di gunung: 1. Pakai jas […]