3 Hal Yang Dipertimbangkan Sebelum Membeli Koper Baru

Beragam koper (https://lokadata.id)

Kebutuhan bepergian atau traveling tidak akan lepas dari kehadiran koper. Produk ini akan memudahkan Anda di dalam menyimpan dan membawa pakaian serta barang saat berada dalam perjalanan.

Banyak koper yang sudah menyediakan berbagai fitur terbaik dan menarik yang dapat dipilih sesuai selera. Namun membeli koper tidak hanya dilihat dari fitur, warna dan desainnya saja, tetapi juga harus melihat dari berbagai sisi supaya dapat memilih koper yang tepat untuk digunakan. Anda juga bisa melihat rekomendasi koper terbaik dari BestSpy.

Bila Anda masih bingung dalam memilih koper yang tepat, artikel ini akan membahas 3 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli koper baru, agar Anda mendapatkan koper yang sesuai kebutuhan dan mudah digunakan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Ketahui Jenis Koper

Sebelum Anda membeli koper, salah satu hal yang wajib diketahui adalah dengan mengetahui jenis koper yang ada di pasaran. Secara umum, ada dua jenis koper yang dijual seperti koper sisi keras atau hardcase dan koper sisi lunak atau softcase.

Salah satu bahan koper sisi keras yang direkomendasikan adalah koper ABS. Bahan ABS atau yang disingkat dengan Acrylonitrile Butadiene Styrene adalah bahan yang terbuat dari plastik dan memiliki beban paling ringan dari semua jenis bahan koper hardcase.

Keunggulan dari bahan ABS dalam koper adalah cocok untuk melindungi bahan yang rentan pecah dan harganya lebih murah dibanding jenis koper hardcase lain yang dijual di pasaran.

Sedangkan untuk koper sisi lunak atau softcase biasanya memiliki bahan yang terbuat dari nilon dengan jenis ballistic nylon. Bahan ini merupakan bahan sintetis yang relatif tebal dengan keunggulan mudah dibersihkan dan tahan lama.

Selain itu bahan koper sisi lunak ballistic nylon dipercaya sebagai koper yang tahan terhadap guncangan apapun dan susah dirobek karena bahannya yang tebal. Inilah mengapa Anda sangat direkomendasikan untuk membeli koper dengan bahan ballistic nylon, meskipun sayangnya bahan koper ini sudah agak jarang ditemukan di pasaran.

2. Pilih Ukuran yang Sesuai Kebutuhan

Memilih koper juga harus melihat ukuran agar dapat digunakan sesuai kebutuhan. Ada beberapa size atau ukuran koper yang dijual di pasaran. Di antaranya seperti ukuran cabin, medium, dan large.

Untuk ukuran cabin atau small biasanya berukuran 20 inci dengan spesifikasi 47 x 35 x 20 cm yang sangat cocok bila digunakan untuk liburan singkat.

Kedua adalah ukuran medium yang berukuran 24 inci dengan spesifikasi 60 x 52 x 26 cm. Koper ini  sangat cocok untuk keperluan atau traveling dengan jangka waktu yang agak lama atau sekitar seminggu.

Terakhir adalah large dengan ukuran 28 inci dengan spesifikasi 69 x 48 x 29 cm. Koper large akan terasa bagus digunakan untuk travelling dengan membawa oleh-oleh atau belanjaan dari luar kota atau luar negeri.

3. Perhatikan Jumlah Roda yang Digunakan

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah jumlah roda yang ada di dalam koper. Secara umum ada 2 jenis koper berdasarkan banyaknya roda yang ada di dalamnya, yakni 2 roda dan 4 roda.

Koper dengan 2 roda atau koper upright adalah koper yang cukup banyak diminati lantaran sangat mulus saat diseret ke permukaan jalan yang tidak rata. Namun kekurangannya koper ini memiliki beban yang berat ketika diseret di berbagai medan jalanan.

Sedangkan koper 4 roda atau koper spinner adalah koper yang memiliki keunggulan dalam hal beban. Koper ini sangat ringan jika diseret di jalan yang mulus, tapi tidak efektif ketika berada di jalan yang kurang rata.

Penutup

Ada beberapa tambahan lain yang dapat dilakukan untuk membeli koper baru, di antaranya adalah dengan memperhatikan handle pada koper, pertimbangkan untuk membeli kunci TSA (travel sentry approved) jika sering berada di luar negeri, dan perhatikan fitur yang ada di dalam koper, baik pada resleting, kantong hingga port USB yang bahkan sudah dilengkapi dalam sebuah koper.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda akan dengan mudah memilih koper terbaik yang sesuai kebutuhan dan aman saat dibawa kemanapun yang diinginkan.

Itulah 3 hal yang perlu ditertimbangkan dalam membeli koper baru, semoga Anda mendapatkan koper yang sesuai Anda harapkan dan membuat pengalaman perjalanan Anda menjadi lebih berkesan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Beragam Salad Tradisional Indonesia yang Perlu Dicoba

Tue Jan 5 , 2021
Rujak Juhi Jakarta Indonesia merupakan sepotong Surga kecil yang ada di dunia ini, dianugerahi dengan keindahan bentangan alamnya yang mempesona, juga punya banyak ragam kuliner yang menggoyang lidah. Dari satu wilayah ke wilayah lainnya, Sobat akan menemukan jenis kuliner dan cita rasa yang berbeda-beda. Nah, salah satu suguhan kuliner yang […]