TWA Pelangan Lombok Barat NTB

Taman Wisata Alam Pelangan

Taman Wisata Alam (TWA) Pelangan terletak di di Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan luas 344,00 Ha.

Memiliki dua tipe tempat wisata yang ditawarkan, yaitu perbukitan dan hutan alam, serta wisata pantai yang bisa dijadikan alternatif pilihan. Jika anda menyukai sun bathing dan snorkeling, Pantai dengan hamparan pasir putihnya sangat cocok. Tetapi jika Anda menggemari kegiatan trekking dan menjelajah alam dan hutan, anda bisa melakukan forest trekking.

Sejarah

Taman Wisata Alam Pelangan (https://www.pedomanwisata.com)

Taman Wisata Alam Pelangan ditunjuk berdasarkan SK Menhut No. 401/Kpts-II/90, tanggal 6 Agustus 1990 mempunyai luas 310,17 Ha dan terletak di Desa Pelangan Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Flora

Di hutan di kawasan yang terletak di bagian barat daya Pulau Lombok ini anda dapat menjumpai tumbuhan langka Kelicung (Dyospiros malabarica), dan dapat pula ditemukan Bajur (Pterospermum javanicum), Beringin (Ficus benjamina), Ketimusan, Asam (Tamarindus indica).

Fauna

Di kawasan ini juga dapat dijumpai satwa-satwa terutama burung antara lain Ayam Hutan (Gallus sp), Koakiau (Philemon buceroides), Elang Bondol (Haliastur indus).

Penginapan

Hotel/ penginapan terdekat dengan TWA Pelangan adalah sebagai berikut :

  • Hotel Palm Beach Garden, Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, hotel ini berjarak sekitar 9 km dari TWA Bangko Bangko
  • Hotel Bola-Bola Paradise, Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, hotel ini berjarak sekitar9 km dari TWA Pelangan

Aksesibilitas

  • Mataram – Sekotong – Pelangan, kendaraan darat : 70 km (2 jam)
  • Bali – Lembar, kendaraan air (4 jam)
  • Lembar – Pelangan, kendaraan darat (1,5 jam).

Informasi lebih lanjut hubungi

Balai KSDA (Konservasi Sumber Daya Alam) NTB
Jl. Majapahit No.54B Mataram, Kode Pos: 83115
Fax / Telp: (0370) 627851
Email: bksdantb@gmail.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Targetkan Rehabilitasi 200 ha Lahan Mangrove oleh KKP di Tahun ini

Wed Nov 4 , 2020
Hutan mangrove Sriminosari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan akan melakukan rehabilitasi mangrove seluas 200 Ha di 12 lokasi pada tahun 2020. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Aryo Hanggono mengatakan, salah satu lokasi diprioritaskan berada di Lampung Timur yaitu Desa Margasari dan Desa Sriminosari, akan dilakukan penanaman mangrove seluas […]