Tuk-Tuk Ubi Jakarta

1

Tuk tuk Ubi biasanya dimainkan oleh beberapa anak perempuan secara beramai-ramai. Jumlahnya bisa sampai 10 orang bahkan lebih, paling sedikit bisa berjumlah 4 orang.  Yang bikin menarik dari permainan ini adalah, salah seorang harus menjadi nenek gerondong atau emak.Tempat bermainnya pun harus bersih karena dilakukan sambil duduk, dan juga tiang atau pohon untuk pegangan.

Cara bermain

Seseorang yang ditunjuk dengan cara Hom pim pa, dan yang kalahlah sebagai nenek gerondong  membawa tongkat datang menghampiri anak-anak yang duduk berbanjar saling memeluk pinggang di belakang emak.

Yang paling depan adalah pemimpin yang memegang tiang atau pohon, mereka semua akan menjadi ubi yang akan ditarik oleh si nenek gerondong. Nah, yang tertarik jadi ubi harus membantu si nenek menarik yang lain satu persatu. Tapi sebelumnya terjadi percakapan antara si nenek gerondong dengan si ubi.

Sumber: setubabakan

One thought on “Tuk-Tuk Ubi Jakarta

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Layangan Singgang Jakarta

Mon Nov 16 , 2020
Layangan Singgang (https://lembagakebudayaanbetawi.org) Permainan rakyat dari Jakarta yang berawal dari ide masyarakat untuk membuat sebuah benda yang mirip dengan pesawat. Pada waktu itu ada orang Belanda bernama Umar Babu yang datang ke Jakarta dengan naik pesawat terbang hingga membuat penonton yang berkumpul di Lapangan Gambir terpesona. Layangan yang besar dan […]