Museum – Museum di Jakarta

Museum Tekstil Jakarta

Museum merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi, mempelajari berbagai sejarah dan warisan budaya. Pengunjung mendapat banyak manfaat saat berkunjung ke museum. Mendapatkan data sejarah dan warisan budaya; Dokumentasi penelitian ilmiah; Konservasi dan preservasi; Pengenalan dan penghayatan kesenian; serta Pengenalan budaya atar daerah dan bangsa.

Jakarta Barat

Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah)
Jalan Taman Fatahillah No. 1, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat 11110

Museum Sejarah Jakarta berusaha menyediakan informasi mengenai perjalanan panjang sejarah kota Jakarta, sejak masa prasejarah hingga masa kini dalam bentuk yang lebih rekreatif. Selain itu, melalui tata pamernya Museum Sejarah Jakarta berusaha menggambarkan “Jakarta Sebagai Pusat Pertemuan Budaya” dari berbagai kelompok suku baik dari dalam maupun dari luar Indonesia dan sejarah kota Jakarta seutuhnya. Museum Sejarah Jakarta juga selalu berusaha menyelenggarakan kegiatan yang rekreatif sehingga dapat merangsang pengunjung untuk tertarik kepada Jakarta dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya warisan budaya.

Museum Wayang
Jl. Pintu Besar Utara No.27, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat 11110

Para pengunjung di Museum Wayang diajak untuk mengenal berbagai karakter, sikap maupun perilaku lakon dari berbagai daerah melalui tampilan wayang yang mempunyai bobot yang luhur dan tinggi nilainya dalam budaya kita dengan menyaksikan sejumlah koleksi wayang, seperti wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, wayang beber, wayang kaca, patung wayang, topeng wayang, boneka, gamelan, serta lukisan-lukisan wayang.

Museum Seni Rupa dan Keramik
Jalan Pos Kota No 2, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat 11110

Museum Seni Rupa dan Keramik (http://www.anythingjakarta.com)

Koleksi Museum Seni Rupa dan Keramik terdiri dari Seni rupa dan Keramik, serta fasilitas berupa Perpustakaan, Studio Gerabah, toko cinderamata.

Museum Bank Mandiri
Jl. Lapangan Stasiun No. 1, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat 11110

Ruang pameran Museum Mandiri terletak di tiga lantai. Lantai Dasar terdiri dari Ruang Treasury (Kas Afdeeling), Ruang Pembukuan (kamar khusus untuk buku besar), Ruang Kasir China (Chineesche Kas). Di sayap selatan terdapat Ruang Perlengkapan Bank, Ruang Kearsipan dan Komunikasi, Ruang ATM. Ruang Kearsipan dulunya merupakan kantor budidaya gula yang cukup sibuk.

Museum Bank Indonesia
Jl. Pintu Besar Utara No.3, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat 111000

Museum Bank Indonesia menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953 dan kebijakan-kebijakan Bank Indonesia, meliputi pula latar belakang dan dampak kebijakan Bank Indonesia bagi masyarakat sampai dengan tahun 2005.

Museum 3D Jakarta
Gedung Kerta Niaga 1, Jl. Kali Besar Timur No. 9, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat 11110

Museum ini cukup luas dan memiliki berbagai ruangan yang berisi lukisan dengan seni ilusi 3 dimensi. Jumlah lukisan unik sebanyak 100 buah, semuanya dilukis tangan langsung oleh para pelukis dari Korea dan Indonesia.

Museum Macan

Museum Macan (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Museum Macan (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara) terletak di Gedung AKR Tower Level M, Jalan Panjang No. 5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530, dengan lahan seluas 4.000 m². Museum yang berkonsep seni modern dan seni kontemporer, mulai dari seni lukis, patung dan beragam seni kontemporer bisa memanjakan mata anda.

Museum Tekstil Jakarta
Jl. Aipda Ks Tubun No.2-4, Tanah Abang, Petamburan, Jakarta Barat 10260

Koleksi awal yang dihimpun di Museum Tekstil diperoleh dari sumbangan Wastraprema (sekitar 500 koleksi), selanjutnya makin bertambah melalui pembelian oleh Dinas Museum dan Sejarah atau Dinas Museum dan Pemugaran atau Dinas Kebudayaan dan Permuseuman, serta sumbangan dari masyarakat baik secara individu maupun kelompok. Hingga saat ini koleksi Museum Tekstil tercatat sejumlah 1914 buah.

Jakarta Utara

Museum Bahari Jakarta

Museum Bahari Jakarta

Museum Bahari terletak di Jl. Pasar Ikan No.1, RT.11, Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara 14440. Merupakan museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang berlokasi di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa.

Museum Maritim Indonesia

Museum Maritim Indonesia

Museum Maritim Indonesia terletak di Gedung IPC (Indonesia of Port Corporation) atau PT. Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II), Jl. Raya Pelabuhan No. 9, Tanjung Priok, Jakarta Utara 14310. Museum ini menyajikan informasi yang cukup lengkap mengenai sejarah maritim Indonesia, dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia II.

Jakarta Pusat

Art:1 New Museum dan Art Space Sawah Besar Jakarta Pusat
Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3, RT.4/RW.6, Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Art1 Museum menampilkan koleksi original dari para seniman Indonesia. Ditambah lagi karya seniman modern maupun kontemporer. Selain itu, melayani juga restorasi seni, serta konservasi dan penilaian karya seni.

Museum Nasional (Museum Gajah) Indonesia Gambir Jakarta Pusat
Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat 10110, DKI Jakarta

Bangunan Museum Nasional Indonesia dari masa ke masa

Museum ini sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya penduduk Jakarta. Mereka menyebutnya “Gedung Gajah” atau “Museum Gajah” karena di halaman depan museum terdapat sebuah patung gajah perunggu hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum pada tahun 1871. Kadang kala disebut juga “Gedung Arca” karena di dalam gedung memang banyak tersimpan berbagai jenis dan bentuk arca yang berasal dari berbagai periode.

Museum Monas (Monumen Nasional)

Museum Monas (Monumen Nasional)

Museum Monas (Monumen Nasional) terletak di Jalan Silang Monas, RT.5/RW.2, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat 10110, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, merupakan monumen dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda. dengan ketinggian 132 m.

Museum Kebangkitan Nasional (Muskitnas)

Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional terletak di Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No.26, RT.4/RW.5, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10410, lokasi museum ini tidak jauh dari Pasar Senen, sebelum RSPAD Gatot Subroto.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kantor Pos Besar Gondomanan Yogyakarta

Fri Nov 13 , 2020
Gedung Kantor Pos Besar Gedung Kantor Pos Besar terletak di Jl. Panembahan Senopati No.2, Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta 55122, Daerah Istimewa Yogyakarta Sejarah Gedung Kantor Pos Besar Bangunan Kantor Pos Besar pada masa kolonial Belanda bernama Post, Telegraaf en Telefoon Kantoor. Bangunan tersebut dirancang oleh Departemen Pekerjaan Umum pemerintahan […]