Hutan Mangrove Teluk Jailolo Halmahera Barat Maluku Utara

Teluk Jailolo yang rindang dengan lebatnya mangrove (https://backpackstory.me)

Hutan Mangrove Teluk Jailolo terletak di kawasan pesisir Teluk Jailolo, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

Berdasarkan hasil analisis data Citra Alos Avnir-2 bahwa luas mangrove yang terdapat di Teluk Jailolo adalah 393.77 ha, sebagian besar menyebar disekitar garis pantai bagian Timur Teluk Jailolo, dengan kategori tingkat kerapatan sangat jarang hingga lebat.

Teluk Jailolo (https://bobo.grid.id)

Sebaran Mangrove

Flora

Jenis mangrove yang ditemukan berdasarkan survey jelajah di Teluk Jailolo ditemukan 8 jenis yaitu Rhizophora mucronata, Rhizophora stylosa, Bruguiera gymonoriza, Sonneratia alba, Soneratia caesoliaris, Avicennia marina, Ceriops decandra, dan mangrove jenis Nypa fruticans yang tidak terliput dalam plot pengamatan.

Fauna

Jenis-jenis biota yang ditemukan di sekitar ekosistem mangrove Teluk Jailolo terdiri atas jenis biota yang terdapat diatas pohon, biota yang melekat di batang dan biota yang terletak di substrat. Adapun jenis biota yang terletak di atas pohon antara lain berbagai jenis burung, jenis reptil dan berbagai jenis serangga. Biota yang melekat di pohon umumnya berbagai macam jenis teritip. Sedangkan jenis biota yang ditemukan dasar/substrat antara lain berbagai macam ikan, beberapa jenis kerang, kepiting bakau, jenis cacing dan sebagainya.

Sumber:

Prosiding Seminar Nasional Kemaritiman dan Sumberdaya Pulau-Pulau Kecil, 1 (1) : 51-61, Analisis Kesesuaian Ekowisata Hutan Mangrove di Kawasan Teluk Jailolo Kabupaten Halmahera Barat Oleh Irmalita Tahir1, Rustam Effendi P* dan Nebuchadnezzar Akbar*1*, Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Khairun. Ternate

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tempat Pentas Seni Budaya di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah

Sat Nov 7 , 2020
Festival Balon Tradisional 2019 di Desa Pagerejo Letaknya yang strategis dan berada di daerah pegunungan membuat Wonosobo menjadi kabupaten dengan potensi ekonomi, wisata alam, wisata budaya dan pertanian yang begitu besar dengan tanahnya yang subur dan terjaga kelestariannya. Alun-Alun Wonosobo Jl. Pemuda No.2, Wonosobo Timur, Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten […]