Tarian Tradisional Sidoarjo Jawa Timur

Tari Banjar Kemuning

Dalam perspektif interaksi sosio-ekonomi dan kultural antara Surabaya dan kota sekitarnya inilah maka perkembangan kesenian di Kabupaten Sidoarjo banyak dipengaruhi oleh Surabaya. Unsur budaya Arek, seperti budaya Mataraman dan komunitas Nahdliyin, merupakan 2 unsur terbesar dalam masyarakat Sidoarjo.

Pengaruh budaya Islam di Sidoarjo nampak dari banyaknya masyarakat Islam Nahdliyin yang pada akhirnya melahirkan seni Samroh, Dibaan, Terbangan, Yasinan, dan Hadrah. Sedangkan pengaruh Mataraman nampak dari seni wayang kulit.

Tari Tjokronegoro

Tari Tjokronegoro (https://es-la.facebook.com)

Merupakan tarian khas Kabupaten Sidoarjo yang penggambaran bupati pertama Kabupaten Sidoarjo, yakni Tjokronegoro, seorang  pemimpin  yang  tegas,  berwibawa,  dan  bertanggung jawab.

Tari Tjokronegoro merupakan sebuah karya tari yang menggambarkan  watak  seseorang,  di  mana   tarian   ini   dapat ditarikan oleh  seorang penari (tunggal) maupun ditarikan secara massal. Penarinya dapat pria maupun wanita, akan tetapi gaya tarinya tetap tarian putra.

Sejarah

Tari Tjokronegoro diciptakan Munali Fatah pada tahun 1975  yang  tepatnya  pada  hari  jadi  Kabupaten  Sidoarjo,  tanggal  31  Januari.  Tari  Tjokronegoro  tercipta  atas  permintaan  Bupati  Sidoarjo  ke-13,  Soewandi,   yang   terobsesi   untuk   mewujudkan   suatu  bentuk  tarian  yang  menggambarkan  watak  atau   karakter   dari   bupati   pertama   Kabupaten   Sidoarjo,  yakni  Tjokronegoro.

Tari Kepis Ronjot

Tari Kepis Ronjot (https://www.youtube.com)

Merupakan tarian yang menirukan nelayan mencari kupang. Ditangannya ada bakul kecil yang dihiasi pita mas. Tarian ini dimulai dengan gerakan menyelam, lalu mengoyang-goyangkan bakul yang seolah berhasil menjaring banyak kupang.

Kupang adalah hewan laut semacam kerang kecil, disebut juga kerang putih atau Corbula Faba.

Tari Banjar Kemuning

Tari Banjar Kemuning (http://menaramadinah.com)

Merupakan tarian yang penggambarkan para istri nelayan yang tegar dan kuat menghadapi sengitnya kehidupan. Dan selalu memanjatkan do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kesehariannya saat suaminya pergi berlayar.

Tari Banjar Kemuning (https://banjarkemuningsites.blogspot.com)

Keunikaan gerak tarian ini terletak pada gerakan yang cepat dan dinamis, gerakan slendang yang berkali-kali diseblakkan yang menunjukkan bahwa tarian ini memiliki makna yang kuat dan gerakan tangan yang cepat dan dinamisyang menimbulkan kesan unik dan menumbuhkan semangat baru.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tarian Tradisional Blitar Jawa Timur

Thu Oct 8 , 2020
Tari Reyog Bulkiyo Kesenian tradisi merupakan medium yang nyaris tak terbatas untuk menyampaikan nilai-nilai, karena dekat dan akrab dengan masyarakat dan merupakan milik dari masyarakat itu sendiri. Tari Barong Rampong Tari Barong Rampong (https://explorerkeindahanblitar.blogspot.com) Merupakan tarian khas Blitar yang diciptakan oleh Kholam Shiharta tarian tersebut merupakan perpaduan antara tari Barongan […]