Tarian Tradisional Jombang Jawa Timur

Tari Wayang Topeng Jati Duwur

Jombang merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan daerah tingkat dua lainnya di tanah air. Hal ini dikarenakan Jombang merupakan daerah bertemunya dua aliran kebudayaan besar. Dua aliran kebudayaan yang bertemu di Jombang adalah budaya Mataraman dan budaya Arek.

Tari Remo

Tari Remo (https://njombangan.com)

Tari khas Jombang tersebut merupakan tarian yang mengkisahkan perjuangan seorang pangeran di medan pertempuran.

Meski menggambarkan seorang pangeran, tapi dalam perkembangannya tarian ini menjadi lebih sering ditarikan oleh perempuan, sehingga muncul gaya tarian yang lain yakni Remo Putri. Tarian ini memiliki gerakan yang indah dan sarat akan filosofi, sehingga menjadikannya tarian yang sangat unik.

Sejarah

Berdasarkan sejarah, Tari Remo diciptakan di Desa Ceweng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Awal mulanya, tari ini dibuat oleh seniman-seniman jalanan dengan menggambarkan sebuah perjuangan seorang pangeran yang dikenal gagah dan berani pada sebuah medan pertempuran.

Saat pertama kali diperkenalkan, tarian ini dipentaskan dengan cara keliling di jalanan. Selanjutnya pada perkembangannya tarian ini dipentaskan dalam acara-acara tertentu, seperti festival, upacara dan lain sebagainya.

Tari Klono Sewu

Tari Klono Sewu secara kolosal (https://www.lensaindonesia.com)

Diciptakan para seniman yang tergabung dalam komunitas seni tari topeng Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Dari kostum dan gerakannya sekilas, tarian Klono Sewu hampir mirip dengan Tari Remo. Hanya saja, tari khas Jombang ini memiliki ciri khusus di mana sang penari menutup wajahnya dengan sebuah topeng kayu pada saat menari.

Tari Kenya Made

Awal mula lahirnya seni tari Kenya Made berasal dari karya pencipta tari Kenya Made yaitu ibu Inin Amami yang terinspirasi pada gerakan dari sekumpulan gadis yang sedang menjalani ritual pembersihan diri yaitu mandi kungkum di salah satu sendang areal kompleks sendang made.

Sejak tahun 2005 tari kenya made dijadikan tarian yang khas dari Kabupaten Jombang, bersal dari Desa Made, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Tari Batik Jombangan

Tari Batik Jombangan (https://koranmemo.com)

Merupakan tarian yang memiliki makna dengan memperlihatkan gerakan tari Jawa timuran beserta menunjukkan beraneka ragam gerakan diantaranya membatik dan pencak silat.

Tari Wayang Topeng Jati Duwur

Tari Wayang Topeng Jati Duwur (https://njombangan.com)

Merupakan seni pertunjukan tradisional rakyat berbentuk teater total (perpaduan antara unsur tari, drama, sastra, musik, dan rupa) yang telah lama hidup di Desa Jatiduwur. Seni pertunjukan wayang topeng Jatiduwur merupakan sebuah bentuk dan gaya pertunjukan wayang topeng dengan cerita Panji berbentuk drama tari tradisional berdialog verbal dan dituturkan oleh seorang dalang, semua penari memakai topeng beserta perlengkapannya sesuai dengan karakter tokoh yang dibawakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tarian Tradisional Surabaya Jawa Timur

Wed Oct 7 , 2020
Tari Kembang Kayoon Kota Surabaya tumbuh dengan baik. Kesenian tradisional dan modern saling melengkapi membentuk keragaman kesenian Surabaya. Kesenian tradisional tumbuh karena perjalanan sejarah melawan penjajahan zaman dahulu sampai saat ini tetap dilestarikan. Tari Lenggang Surabaya Tari Lenggang Surabaya (https://twitter.com) Merupakan tarian selamat datang untuk tamu besar yang datang ke […]