Kemolekan Pantai di Papua Barat yang Memikat

Pantai Toran Karas

Provinsi Papua Barat wilayahnya di kepala burung pulau Papua, dengan ibukota Manokwari. Kemolekan pantainya terdapat di Kabupaten Kaimana, Kabupaten Fakfak, Kota Manokwari, Kabupaten Teluk Wandama dan Kabupaten Raja Ampat.

1. Teluk Triton Kaimana

Teluk Triton (https://heikaku.com)

Teluk Triton merupakan salah satu teluk yang ada di perairan yang masuk wilayah Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Teluk Triton lebih indah dari Raja Ampat antara lain karena pohon-pohon yang subur menghijau di atas gugusan pulau-pulau karang. Raja Ampat yang disebut-sebut lebih tandus dan kering.

Teluk Triton juga menjadi lokasi penyelaman yang bisa menjadi primadona. Beberapa penyelam yang pernah mengunjungi Triton mengatakan terumbu karang yang ada di dasar laut Triton memiliki keindahan yang tidak kalah dibandingkan lokasi lain.

Para penyelam bahkan memilih waktu menyelam pada malam hari, terdapat sebuah kota yang indah di dasar laut, merupakan gugusan terumbu karang beraneka warna yang terlihat bersinar pada malam hari.

Kamu dapat menggunakan perahu motor berkecepatan tinggi atau pun perahu motor panjang dari Pelabuhan Kaimana. Bila menggunakan perahu motor berkecepatan tinggi, Teluk Triton dapat dicapai dalam waktu sekitar 60 menit.

2. Pantai Sangnus

Pantai Sangnus di Kampung Namatota (http://samaymmbbahamm.blogspot.com)

Terletak di Pulau Namatota, di Kampung Namatota di Kecamatan Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Pantai Sangnus memiliki pasir yang putih dan air yang tenang serta dikelilingi oleh pulau-pulau karst. Biasanya setelah wisatawan melakukan perjalanan panjang ke Teluk Triton, wisatawan akan mampir sebentar untuk menikmati keindahan pantai dan air yang jernih di pantai ini. Ada dua homestay yang dibuat oleh masyarakat dan dikelola sendiri oleh masyarakat lokal.

3. Pantai Toran Karas

Pantai Toran Karas (https://ayojalanjalan.com)

Terletak di Kecamatan Karas, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, dengan panjang garis pantai ± 4. 200 M. Dalam bahasa daerah Fakfak, Toran berarti Batu Duduk. Jarak tempuh dari kota Fakfak Ke Toran Beach ± 50 menit menggunakan Speed Both dan ± 2 jam menggunakan longboth dengan 1 (satu) mesin 40 PK.

Pantai Toran Karas (https://www.saburomedia.com)

Lepas Pantai Toran terdapat atol-atol dengan kondisi perairan yang jernih dengan kisaran jarak pandang dalam air berkisar ± 25 M yang menjadikan perairan ini baik untuk pertumbuhan ekosistem karang dan habitat berbagai jenis biota laut lainnya. Memiliki laguna yang cukup luas ± 1 Ha, terdapat sistem aliran goa berair yang bermuara ke laguna.

4. Pantai Bakaro

Pantai Bakaro (https://www.papua.us)

Terletak di Kampung Pasirindo, Kecamatan Manokwari Barat, Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat, hanya lebih kurang lebih 5-6 km kearah timur dari kota Manokwari. Pantai yang berbatu juga memungkinkan para pengunjung dapat mendekati tengah pantai di saat laut surut, sehingga pengunjung dapat menyaksikan langsung dasar pantai yang jernih tempat ikan-ikan berkumpul.

Sedang memanggil ikan (https://backpackerjakarta.com)

Tradisi Memanggil ikan biasa dilakukan oleh penduduk yang tinggal di sekitar pantai ini untuk menarik para wisatawan. Biasanya mereka memanggil ikan dengan menggunakan peluit yang terbuat dari kulit kerang yang ditiup sambil membawa makanan, sehingga dengan sendirinya ikan datang mendekat.

5. Pantai Putih Manokwari

Pantai Putih Manokwari (http://tagastagas.blogspot.com)

Pantai Pasir Putih terletak di Kampung Pasir Putih, Kecamatan Manokwari Timur, Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat, sekitar 5 km dari pusat Kota Manokwari dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dan roda dua dengan waktu 15 menit.

Pantai ini sangat nyaman untuk rekreasi berenang, berjemur, pasirnya putih dan berombak kecil. Kawasan ini memiliki pulau-pulau yang panorama alamnya sangat indah dan tenang di pulau-pulau in ada masyarakat nelayan dengan perkampungan tradisional. Di beberapa pulau ini terdapat hamparan terumbu karang dengan jenis-jenis biota lautnya dari cocok untuk kegiatan selam

6. Pasir Putih Mansinam

Pulau Mansinam (https://mkwtourism.wordpress.com)

Berlokasi di Teluk Doreh, 6 km dari ibu kota Papua Barat, Manokwari, destinasi wisata di Papua Barat ini dipercaya merupakan awal dari peradaban masyarakat Papua Barat. Selain hamparan pantai, pulau ini juga menyimpan peninggalan bersejarah serta kisah terbentuknya agama Kristen di sana. Kamu bisa menyaksikan monumen patung Yesus layaknya yang ada di Rio De Janeiro.

7. Kabupaten Teluk Wondama

Pulau Rumberpon (https://seringjalan.com)

Kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang menjadi wilayah dari kabupaten Teluk Wondama sangat potensial menjadi tujuan wisata. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di kawasan ini, mulai dari menikmati keindahan pulau-pulau dengan pantainya, menikmati keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, mengamati satwa (seperti: ikan paus, lumba-lumba, burung, dan lain-lain), berselancar, memancing, menikmati sumber air panas, hingga wisata budaya dan sejarah, seperti mengunjungi desa Yende yang unik dengan gereja tuanya, atau mengunjungi gua peninggalan masyarakat Numfor dimana terdapat tengkorak manusia, piring-piring antik dan peti berukir.

Diving di Pulau Roon (https://seringjalan.com)

Pulau-pulau yang memiki obyek-obyek wisata, khususnya yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Teluk Wondama, antara lain: P. Rumberpon, P. Nukusa, P. Nusrowi, P. Mioswar, P. Roon, P. Yoop dan Perairan Windesi, dan P. Anggrameos.

8. Pantai Pulau Matan Sorong

Pulau Matan (https://backpackerjakarta.com)

Luas Pulau Matan diperkirakan hanya sekitar 5.000 meter persegi atau setengah hektar saja. Pulau matan sebenarnya masuk kedalam wilayah gugusan Kepulauan Salawati Kabupaten Raja Ampat. Namun jaraknya jauh lebih dekat bila ditempuh dari Kota Sorong.

Meskipun begitu keindahan pemandangan yang bidsa didapatkan dari Pulau Matan cukup luar biasa. Hamparan pasir putih yang mengelilingi pulau Matan ditambah birunya laut disekitar pulau Matan dan rimbunya pepohonan yang tumbuh dipulau ini, bisa menyuguhkan keindahan alam yang bisa memajakan mata.

Pulau Matan (https://backpackerjakarta.com)

Perjalanan ke Pulau Matan membutuhkan Waktu sekitar 2 jam dari Sorong dengan menggunakan kapal kecil. Kurang lebih kalian harus menyiapkan biaya sekitar 900 Ribu (*) untuk menyewa 1 kapal. Tenang Guys, 1 kapal itu bisa muat 10-15 kepala, jadi bisa patungan biar lebih murah.

Baca juga: Pulau Misool, Surga Tropis Kepulauan Raja Ampat Papua Barat

9. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat (https://id.wikipedia.org)

Merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung Pulau Papua, termasuk Kabupaten Raja Ampat. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Baca juga: Desa Wisata Arborek Raja Ampat Papua Barat

(*) Harga berubah sewaktu-waktu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Taman Nasional Teluk Cenderawasih Teluk Wondama-Nabire Papua Barat-Papua

Sun Nov 1 , 2020
Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) terletak di dua Kabupaten dan dua Provinsi yaitu wilayah Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Nabire Provinsi Papua. Kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih terletak di tepi Samudra Pasifik dan merupakan daerah pertemuan antara lempeng Benua Australia dan lempeng […]