Desa Wisata Tondok Bakaru Mamasa Sulawesi Tengah

Persawahan di Desa Wisata Tondok Bakaru (https://makassar.tribunnews.com)

Desa Wisata Tondok Bakaru terletak di Desa Tondok Bakaru, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Tengah. Desa ini terletak di kawasan perbukitan dan berbatasan langsung dengan Tana Toraja di Sulawesi Selatan. Karena posisinya tersebut, Desa Wisata Tondok Bakaru pun populer karena lanskap sawahnya yang hijau dan menyejukkan mata.Pariwisata Desa Wisata Tondok Bakaru sudah dirintis sejak 2016. Para pemuda yang menyadari besarnya potensi wisata di desanya, mencoba membangun pariwisata melalui tanaman anggrek, dengan membangun komunitas anggrek yang mereka sebut ‘Mamasa Orchid’. Siapa yang sangka, dari kewajiban menanam anggrek di pekarangan rumah bagi penduduk desa, Tondok Bakaru mulai dikenal dan ramai dikunjungi para pelancong.

Saung berada di persawahan (https://www.genpi.co)

Potensi Wisata Sawah dan Wisata Anggrek

Anggrek jenis Phalaenopsis venosa (https://kumparan.com)

Pada 2018 komunitas anggrek Desa Tondok Bakaru telah mendirikan enam tempat wisata anggrek, antara lain objek Wisata Sawo, Wisata Tonbar Orchid, Wisata Andra, Villa Edelweys, Wisata Hutan Pinus, dan Objek Wisata Bukit Bunga.

Anggrek jenis Vanda helvola var Mamasa (https://kumparan.com)

Anggrek jenis Bulbophyllum inunctum (https://kumparan.com)

Asesibiltas

Untuk mengunjungi Desa Wisata Tondok Bakaru, wisatawan hanya perlu berkendara sekitar 1,5 km jauhnya dari pusat Kota Mamasa, Sulawesi Barat.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Sawai Maluku Tengah Maluku

Sat Oct 17 , 2020
Desa Wisata Sawai (https://www.indonesiakaya.com) Desa Wisata Sawai terletak Dusun Sawai, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Jaman Belanda, Desa Sawai dikenal dengan nama Koniari. Desa ini merupakan sebuah dusun yang lokasinya cukup dekat dengan Taman Nasional Manusela (TNM), yang diapit oleh pegunungan dan laut. Desa Sawai menjadi bagian […]