Desa Wisata Tangkeno Bombana Sulawesi Tenggara

Desa Wisata Tangkeno (https://www.youtube.com)

Desa Wisata Tangkeno terletak di Desa Tangkeno, di Pulau Kabaena dengan luas daratan sekitar 873 km², Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Desa Wisata Tangkeno adalah salah satu desa yang terletak di sebelah utara Gunung Sabampolulu, hingga dijuluki ‘Negeri di Awan’ dengan ketinggian 700 mdpl, suhu antara 25º – 30º C.

Desa Wisata Tangkeno (https://www.kompasiana.com)

Potensi Wisata Alam

Objek unggulan yang terletak di Kabaena diantaranya, Batusangia, Goa Batuburi, Benteng Tutuntari, Air Terjun Ee Meroro, Air Terjun Wataroda, Sumur Air Panas Vatungkoriu, Pantai Lanere, Pulau Sagori, Air Terjun Mata Lakambula, Gunung Sabampolulu dan Makam Mokole Pu’u Roda.

Aktivitas

Wisatawan dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat desa, berupa pembuatan gula merah, menumbuk padi, musik bambu, Ore-ore, pembuatan lemang dan sebagainya.

Homestay (Inap Desa)

Di Desa Wisata Tangkeno tersadia homestay sebanyak 22 rumah di Plaza Tangkeno.

Waktu berkunjung

Yang tepat bulan September. Kalau Desember, cuaca di laut kurang bersahabat.

Aksesibilitas

Untuk mencapai pulau ini harus ditempuh dengan jalur laut, ada beberapa akses untuk sampai ke pulau tersebut, yaitu dengan menempuh kapal dari Jembatan Batu Kota Baubau dengan waktu tempuh sekitar 6 jam atau dengan kapal Ferry sekitar 5 jam, serta bisa naik kapal Jet dari Pelabuhan Murhum Kota Baubau Langsung Menuju pelabuhan Batuawu Kecamatan Kabaena Tengah dengan waktu 3 jam.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Tondok Bakaru Mamasa Sulawesi Tengah

Sat Oct 17 , 2020
Persawahan di Desa Wisata Tondok Bakaru (https://makassar.tribunnews.com) Desa Wisata Tondok Bakaru terletak di Desa Tondok Bakaru, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Tengah. Desa ini terletak di kawasan perbukitan dan berbatasan langsung dengan Tana Toraja di Sulawesi Selatan. Karena posisinya tersebut, Desa Wisata Tondok Bakaru pun populer karena lanskap sawahnya […]