Desa Wisata Sawai Maluku Tengah Maluku

Desa Wisata Sawai (https://www.indonesiakaya.com)

Desa Wisata Sawai terletak Dusun Sawai, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Jaman Belanda, Desa Sawai dikenal dengan nama Koniari. Desa ini merupakan sebuah dusun yang lokasinya cukup dekat dengan Taman Nasional Manusela (TNM), yang diapit oleh pegunungan dan laut. Desa Sawai menjadi bagian dari TNM, termasuk lima dusun lain. Kelima dusun tersebut adalah Olong, Opin, Rumaolat, Besi, dan Masihulang. Jumlah penduduknya sebanyak 4.000 jiwa dan 800 kepala keluarga menurut data 2013. Desa ini dipimpin oleh Raja Taslim Numasoreng, penduduk asli Desa Sawai.

Baca juga: Taman Nasional Manusela Maluku Tengah Maluku

Desa Wisata Sawai (https://www.nativeindonesia.com)

Desa Sawai banyak mendapat pengaruh dari kebudayaan Arab. Musik gambus, baju gamis, bahkan banyak warga desa yang memiliki hidung mancung dan wajah seperti orang Arab. Kentalnya nuansa Islam juga terasa saat magrib tiba.

Kegiatan

Spot Snokeling Laut dan Air Tawar

1. Tebing Batu Sawai

Tebing Batu Sawai (https://www.instagram.com)

Tebing Batu Sawai adalah tebing dengan dinding vertikal. Oleh penduduk setempat biasa disebut Hatupia. Di tebing batu ini biasanya pengunjung berhenti beberapa lama untuk menikmati pemandangan bawah laut.

2. Pantai Ora

Pantai Ora (https://medium.com)

Di Pantai Ora kita bisa bersnorkeling untuk melihat keindahan bawah laut.

3. Goa Laut

Goa laut (https://antorology.wordpress.com)

Merupakan tebing batu tepi laut yang bagian dasarnya terkikis arus laut dan membentuk cekungan seperti goa. Kita harus freedive untuk dapat masuk kedalam goa yang jika telah didalamnya kita akan menemukan jalan yang menuntun kita kembali ke permukaan dan muncul kembali di pinggir tebing.

4. Mata Air Belanda

Mata air Belanda (https://www.indonesia-tourism.com)

Mata air tawar yang berada di wilayah desa Saleman, konon mata air ini diberi nama Air Belanda karena dahulu ketika masa penjajahan Belanda menjadikan tempat ini sebagai camp pertahanan dan memanfaatkan mata air ini. Di Air Belanda kita bisa berendam sambil berenang-renang di air tawar.

Menyusuri Sungai

Menyusuri sungai Salawai (http://www.liburansari.com)

Menyusuri sungai Salawai, kalau anda beruntung akan menemukan Buaya muara yang sedang berkeliaran, yang merupakan tempat habitat Buaya tersebut.

Trekking Taman Nasional Manusela

Atraksi menjelajahi kawasan sekitar Taman Nasional Manusela. Kita akan menjumpai berbagai macam jenis burung jika trekking didalamnya, dan jika beruntung kita bisa melihat burung endemik maluku yaitu kakaktua seram yang memiliki bulu jambul berwarna jingga. Kita juga bisa naik kerumah pohon yang telah dibangun oleh penydia wisata disana dan mengamati burung-burung dan keindahan Taman Nasional Manusela dari ketinggian 70 meter.

1. Mendaki Gunung Gunung Binaya

Gunung tertinggi di Maluku ini berdiri menjulang sekitar 3.027 meter di atas permukaan laut.

2. Gua Hatusaka

Gus dengan kedalamannya yang telah dipetakan sebelumnya -388 m dari bibir lubang masuk gua.

Baca juga: Hatusaka, Gua Vertikal Terdalam di Indonesia

Penginapan

  • Pondok Wisata Lisar Bahari, 082111181137 (Pemilik Pak Ali)
  • The Ora Eco Resort

Aksesibiltas

Pertama, dengan moda udara terbang dengan pesawat ke bandara Pattimura, Ambon. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan mobil taksi menuju pelabuhan Tuleha.

Dari pelabuhan Tuleha, pengunjung bisa naik kapal ferry ke Pelabuhan Amahai di Pulau Seram yang merupakan pulau terbesar di provinsi Maluku. Perjalanan berikutnya dari Amahai bisa ditempuh dengan transportasi umum maupun rental mobil.

Karena jalanan yang belum mulus, perjalanan ini akan menempuh waktu sekitar tiga jam hingga pengunjung sampai di Horale, daratan terakhir sebelum mencapai Sawai. Dari Horale ke Sawai, pengunjung bisa menggunakan perahu nelayan.

Sungguh perjalanan yang jauh dan melelahkan. Namun semua itu terbayar dengan indahnya pemandangan yang ditawarkan oleh Sawai.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Persawahan yang Hijau, Indah bak Permadani Terhampar (Bagian 1)

Mon Oct 19 , 2020
Wisata Sawah Pematang Johar Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia, sebelum menjadi nasi, ditanam dan dirawat di persawahan hingga saat dipanen menjadi padi diperlukan mengupas kulitnya. Nasi dalam bahasa Inggrisnya Rice, namun di Jawa (dalam bahasa Jawa), banyak nama dari gabah (padi yang masih ada kulitnya) sampai beberapa makanan (camilan) […]