Desa Wisata Mbuang-Mbuang Banggai Laut Sulawesi Tengah

Desa Wisata Mbuang-Mbuang

Desa Wisata Mbuang-Mbuang terletak di Pulau Salue kecil, Desa Mbuang-Mbuang, Kecamatan Bokan Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah merupakan sebuah wilayah yang termasuk dalam kategori kawasan 3T, yaitu Terpencil, Tertinggal, dan Terluar.

Di sana belum ada sinyal ponsel. Jadi kalau mau dapet sinyal harus naik kapal dulu ke Pantai Pingo (15 menit dari desa), di sana ada baru ada sinyal dan hanya satu provider saja. Satu lagi, listrik hanya ada jam 18.00-22.00 jadi kebayang kan bagaimana terpencilnya lokasi ini.

Jumlah kepala keluarga yang mendiami wilayah ini ada 100 KK. Jumlah penduduk di sini kira-kira 500 orang dan mereka beragama Islam dengan bermata pencarian sebagai petani dan nelayan.

Potensi Wisata Alam

Objek wisata di sini berupa pantai, pulau dan danau, cocok untuk wisata diving dan snorkeling karena dunia bawah lautnya indah sekali. Yang paling unik tentunya danau ubur-ubur Paisu Batongan, tanpa sengat seperti di Danau Kakaban.

Di Desa Wisata Mbuang-Mbuang beragam wisata alam berupa, Pantai Pasir Panjang, Pantai Kalambina, Goa Pangan, Pulau Sidu, Bukit Popisi (sebelas dua belas sama Raja Ampat ini), Teluk Popisi, Karang Timbul, Pulau Lampu, Pantai Pingo dan ikonnya Mbuang-Mbuang adalah Gunung Baodean, serta Konservasi Banggai Cardinal Fish.

Danau Paisu Batongan

Danau Paisu Batongan

Merupakan  danau ubur-bubur terbesar ketiga di dunia. Selain di Derawan, Togean juga Komodo, ubur-ubur di Paisu Batongan juga sama tidak menyengat dan tidak beracun. Karenanya pengunjung dapat berenang dengan hewan imut ini tanpa takut akan tersengat.

Bukit Popisi

Bukit Popisi duplikat Raja Ampat Papua (https://www.cnnindonesia.com)

Begitu wisatawan melihat pemandangan dari bukit ini, pasti akan langsung teringat dengan Raja Ampat. Ya, itu karena pemandangan pulau-pulaunya sama seperti yang ada di objek wisata Papua tersebut. Untuk bisa naik di bukit yang ada di Mbuang-Mbuang Sulawesi Tengah ini, wisatawan harus tracking dahulu.

Karang Timbul Pantai Kalambina

Mengapa dinamakan karang timbul? Itu karena karang ini akan muncul terlihat di pantai saat laut sedang surut. Ketika air surut, pengunjung dapat menikmati bermain di pantai. Inilah objek menarik di Mbuang-Mbuang Sulawesi Tengah yang mirip dengan di desa wisata lainnnya.

Pulau Pepelan

Warga di Mbuang-Mbuang Sulawesi Tengah biasa menyebutnya dengan nama Pulau Lampu. Di tempat ini terdapat sebuah mercusuar untuk memberikan penanda bagi kapal-kapal besar yang melintas di sekitar desa. Bisa juga wisatawan menaiki mercusuar tersebut tapi harus hati-hati karena anginnya lumayan kencang.

Fasilitas

Di Luwuk dan Banggai ada penginapan, di Mbuang-Mbuang kita bisa menginap di rumah warga atau cottage. Di sana ada cottage yang menghadap langsung ke pantai dan bisa melihat sunset dengan jelas dan pastinya bagus banget.

Aksesbilitas

Untuk menuju Desa Wisata Mbuang-Mbuang butuh waktu tempuh yang cukup lama dan harus melalui jalur darat, udara dan air, lengkap sudah.

Cari penerbangan ke Luwuk, kemudian dilanjutkan perjalanan melalui jalur air, naik kapal feri ke Banggai durasinya sekitar 9 jam. Di Banggai harus stay dulu, lihat situasi dan kondisi laut dan menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal rakyat (sebutan untuk kapal di sana).

Dari Banggai menuju Desa Mbuang-Mbuang dengan durasi sekitar 5-6 jam. Kapal Rakyat berhenti beberapa kali untuk menurunkan penumpang di desa-desa sebelum ke Mbuang-Mbuang, jadi inilah permberhentian paling akhir di rute tersebut.

Semua perjuangan anda akan ditebus dengan pesona alam yang masih asri dan alami sekali, membuat anda semakin betah disana.

Sumber: holamigo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Tangkeno Bombana Sulawesi Tenggara

Fri Oct 16 , 2020
Desa Wisata Tangkeno (https://www.youtube.com) Desa Wisata Tangkeno terletak di Desa Tangkeno, di Pulau Kabaena dengan luas daratan sekitar 873 km², Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara. Desa Wisata Tangkeno adalah salah satu desa yang terletak di sebelah utara Gunung Sabampolulu, hingga dijuluki ‘Negeri di Awan’ dengan ketinggian 700 […]