Wisata Alam Jadi Alternatif Liburan di Masa Penyesuaian Kebiasaan Baru

Badak Jawa (Rhinoceros Sondaicus Desmarest) di Taman Nasional Ujung Kulon @gpswisataindonesia

Akibat pandemi virus corona, beberapa tempat wisata pun masih belum dibuka sepenuhnya untuk umum. Alhasil, liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah tanpa pergi atau melakukan perjalanan ke tempat lain (staycation) kini menjadi pilihan utama untuk melepas penat di tengah pandemi.

Namun, bagi kamu yang enggan staycation dan tetap ingin liburan ke suatu tempat, bisa mencoba untuk wisata alam. Sebab, wisata alam yang menawarkan ruang terbuka hijau dinilai lebih aman dari virus yang menyebar lewat udara.

Ekowisata Mangrove Sayeung Gampong Baro @gpswisataindonesia

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, mengatakan wisata alam memiliki risiko penularan yang rendah jika dibandingkan dengan wisata yang lain.

“Dalam pandemi COVID ini, salah satu yang diuntungkan wisata alam, karena risikonya sangat rendah dan kebetulan Indonesia memang kekuatannya salah satunya wisata alam, kita lihat Toba, Labuan Bajo, Bali,” kata Wishnutama, beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, saat ini beberapa taman nasional juga sudah mulai dibuka kembali. Sebut saja Taman Nasional Ujung Kulon, Goa Pindul di Yogyakarta, Taman Nasional Baluran, hingga Gunung Rinjani.

Taman Nasional Baluran @gpswisataindonesia

Seluruh destinasi wisata alam yang kembali dibuka berada di zona hijau penyebaran COVID-19. Protokol kesehatan pun menjadi hal utama yang diterapkan di tempat-tempat wisata alam tersebut, mulai dari pembatasan jumlah pengunjung, menyertakan surat bebas COVID-19, hingga pemesanan tiket secara daring.

Jadi, sudahkah kamu akan merencanakan ke mana saat long weekend ini?

Sumber: kumparan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Alasan Tamu Hotel Harus Selalu Memakai Sandal di dalam Kamar

Sun Sep 20 , 2020
Sandal hotel Ada banyak alasan kita menginap di hotel, seperti rasa nyaman dan bisa menggunakan berbagai fasilitas.  Untuk sebagian orang, bermalam di hotel merupakan pengalaman yang berkesan dan membawa kenangan. Tak jarang, banyak tamu membawa beberapa barang yang tersedia di kamar hotel untuk dijadikan kenang-kenangan. Beberapa barang termasuk fasilitas hotel […]