Spot Diving di Sumatera Barat

Pulau Pagang Kabupaten Pesisir Selatan

Perairan laut Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memiliki potensi untuk pengembangan wisata selam (diving) di alam terbuka karena sedikitnya memiliki 39 titik untuk lokasi penyelaman berkelas dunia. Kesimpulan itu setelah dilakukan penyelaman pada titik-titik tersebut dan diperbandingkan dengan titik penyelaman kelas dunia yang ada di daerah atau negara lain.

39 titik itu tersebar pada perairan laut di tujuh kabupaten dan kota yang wilayahnya memiliki laut di Sumbar, terutama di Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan dan Padang Pariaman. Dari 39 titik itu, ada lima titik yang jaraknya sekitar 10 mil laut dari pesisir pantai Sumbar, atau dengan jarak tempuh sekitar dua jam 30 menit menggunakan kapal bermesin 40 PK.

Spot Diving

Beberapa Spot Diving di Sumatera Barat (https://www.indonesiadivedirectory.com)

Kota Padang

Pulau Gosong Laut

Pulau Gosong Laut Kota Padang (http://indrawadi-rankbaso.blogspot.com)

Pulau Gosong Laut di perairan Kota Padang berjarak 11 mil dari Pantai Padang yang memiliki keindahan panorama hamparan terumbu karang dan penyelam bisa menyaksikan lalu lintas penyu menuju pulau terpencil untuk bertelur.

Pulau Air

Di perairan Pulau Air Kota Padang dimana pada dasar laut terdapat bangkai kapal Belanda yang tenggelam pada masa penjajahan dan kini ditumbuhi terumbu dan bunga karang aneka warna yang indah. Di lokasi itu penyelam juga sering menyaksikan gerombolan hiu tutul ukuran besar yang selama ini ada yang menyerang manusia (penyelam).

Pulau Pandan

Di perairan laut Pulau Pandan, Kota Padang yang selain memiliki panorama bawah laut yang indah juga terdapat benteng peninggalan Belanda di Pulau tersebut.

Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan Kota Padang (https://blog.reservasi.com)

Pulau ini memiliki obyek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karang yang masih terjaga. Selain itu pulau ini menjadi tempat berteduh atau berkumpulnya para nelayan. Di pinggir pantai kita bisa melihat banyak aktivitas nelayan di sini yang sedang menangkap ikan maupun menjaring ikan.

Pulau Sirandah

Pulau Sirandah Kota Padang (https://blog.reservasi.com)

Pulau Sirandah Padang berada di sebelah Selatan Kota Padang, keindahan bawah lautnya yang cocok bagi traveler yang gemar diving dan snorkeling. Selain Pulau Sirandah beberapa pulau yang juga memiliki potensi menjadi wisata baru diantaranya seperti Pulau Ular, dan Pulau Pandan yang jaraknya berdekatan.

Kabupaten Padang Pariaman

Pulau Pieh

Di perairan laut Pulau Pieh, Kabupaten Padang Pariaman yang memiliki dinding terjal bawah laut berlapis terumbu karang dengan panorama hampir sama dengan di Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Selatan.

Kabupaten Pesisir Selatan

Pulau Marak

Pulau Marak Kabupaten Pesisir Selatan (https://medium.com)

Di perairan laut Pulau Marak Kabupaten Pesisir Selatan yang juga memiliki dinding bawah laut yang terjal dengan hamparan terumbu karang yang alami dan indah.

Laut Mendeh

Perairan laut Mendeh memiliki dinding bawah laut yang terjal dengan hamparan terumbu karang yang masih alami dan indah. Ini menjadi salah satu panorama yang indah yang bisa dijumpai oleh para penyelam.

Pulau Pagang

Pulau Pagang Kabupaten Pesisir Selatan (https://www.liputan6.com)

Pulau Pagang adalah bagian dari Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, travelers. Dan kamu bisa mendatanginya lewat dua jalur. Pertama, dari Kota Padang. Carilah angkot jurusan Pelabuhan Muaro, trus sampai di pelabuhan kamu bisa menyewa perahu motor untuk membawamu ke Pulau Pagang. Durasi penyeberangan juga nggak lama, hanya sekitar 40 menit hingga 1 jam.

Koral-koral berwarna warni bertebaran dengan kedalaman sedang, sehingga harus berhati-hati supaya tidak menginjak atau mematahkannya. Beberapa jenis ikan seperti Snapper, Butterfly fish, Anemone fish, Damselfish, File Fish, Big eye fish, Surgeon fish, Wrasse, Parrot Fish, dan lain-lain.

Pulau Cubadak

Pulau Cubadak (https://travel.tempo.co)

Pulau Cubadak terletak di Kawasan Wisata Mandeh yang jaraknya sekitar 40 kilometer di sebelah selatan Padang. kondisi perairannya yang tenang, bersih, dan jernih membuat panorama bawah laut di pulau ini menarik untuk dieksplor. Bahkan, salah satu media cetak Jerman, ‘Bild de Rau’ pernah memuat tulisan yang berjudul “Surga tersenyap di dunia ada di Pulau Cubadak”.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Spot Diving di Lampung

Wed Sep 16 , 2020
Bootmans Rooth Lampung banyak memiliki wisata bahari yang menyajikan kekayaan alam bawah lautnya. Terumbu karang yang hidup disekiraran pantai di Provinsi Lampung juga memiliki keindahan yang sangat menawan. Dengan arus ombak yang tidak terlalu kencang serta warna pasir yang masih bersih dan menawan, tentu hal tersebut sangat asyik dan menjadi […]