Spot Diving di Lampung

Bootmans Rooth

Lampung banyak memiliki wisata bahari yang menyajikan kekayaan alam bawah lautnya. Terumbu karang yang hidup disekiraran pantai di Provinsi Lampung juga memiliki keindahan yang sangat menawan.

Dengan arus ombak yang tidak terlalu kencang serta warna pasir yang masih bersih dan menawan, tentu hal tersebut sangat asyik dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan terlebih jika mengunjunginya bersama teman atau kerabat lainnya.

Spot Diving

Beberapa spot diving di Lampung (https://www.indonesiadivedirectory.com)

Kepulauan Krakatau

Kepulauan Krakatau sendiri terbagi menjadi empat buah pulau besar yang terbentuk semenjak letusan hebat 27 Agustus 1883.  Keempat pulau tersebut adalah Pulau Rakata, Pulau Sertung, Pulau Panjang, dan Pulau Anak Krakatau (pulau gunung api).  Sebagai daerah yang berstatus sebagai kawasan Cagar Alam (Krakatau Nature Reserve) dan merupakan salah satu tempat yang menjadi daerah warisan dunia (the world heritage site) setelah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di wilayah Provinsi Lampung, Kepulauan Krakatau memiliki luas ± 13.605 Ha.

Lagoon Cabe

Keindahan bawah laut yang bisa dibilang lebih kaya dibanding di Pulau Sebuku. Banyak ikan hias dan beragam jenis terumbu karang. Titik ini pun terbilang unik karena lantai dasar lautan berupa pasir vulkanik berwarna kehitaman yang didominasi bebatuan yang untungnya membuat jarak pandang lebih jernih.

Bootmans Rooth

Beragam biota laut di Bootmans Rooth (https://fdwiagungwidodo.wordpress.com)

Tempat ini merupakan susunan batu tua peninggalan sang Ibu Anak Krakatau (Krakatau Tua). Oleh karena itulah tempat yang hanya memiliki luas 5 m2 (di permukaan laut) ini merupakan saksi dari sejarah ledakan nan hebat pada Agustus 1883.  Lain itu pula, ia juga merupakan saksi dan sekaligus ”pengemong” si Anak Krakatau ketika terlahir di belantar rimba Selat Sunda yang notabene adalah daerah fracture region.

Beragam biota laut di Bootmans Rooth (https://fdwiagungwidodo.wordpress.com)

Berbagai jenis sea fans (Acabaria sp dan Gorgonia sp) yang bermain ”hide and seek” dengan beragam penghuninya seperti Banner Fishes, Surgeon Fishes, Jack Fishes, Damselfishes, Parrot Fishes, Fussilers, Frog fishes, Groupers, dan juga tak ketinggalan beberapa nudibranch (Phyllidia sp) yang malu-malu ketika kami menyapa mereka.

Selain itu juga, penghuni utama seperti beragam jenis hard corals seperti keluarga Alabaster Corals (Pocillopora verrucosa, P. eydouxi, P. meandriana, P. damicornis) saling berbagi ‘lahan’ dengan keluarga lain dari staghorn corals (Acropora robusta, A. donei, A. digitata, dan lainnya).  Tak lupa, rekan dekat bangsa hard corals yakni soft corals pun turut meramaikan suasana.  Dari keluarga leather coral seperti Sarcophyton sp ataupun Sinularia flexibilis hingga keluarga divaricate tree corals (Dendronephtya sp) memiliki warna-warna ceria seperti keadaan cuaca perairan hari ini.

Pulau Sebuku

Pulau Sebuku terletak di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, memiliki nuansa alam yang masih sangat alami dengan pemandangan yang sangat mempesona baik pemandangan darat maupun bawah lautnya. Pulau tak berpenghuni ini juga tak jauh dari Gunung Anak Krakatau. Letaknya tidak jauh dari Pulau Sebesi yaitu sekitar 2,5 km di sebelah utara.

Untuk sampai ke lokasi ini, pengunjung bisa menyeberanginya dari Dermaga Canti di Kalianda, Lampung Selatan.

Kondisi bawah laut di perairan Pulau Sebuku ini terbilang masih alami dan terjaga dari kerusakan, mengingat letak pulau ini yang terpencil dan belum berpenghuni. Aneka biota laut yang berwarna-warni sangat mempesona bak surga dibawah lautan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Spot Diving di Kepulauan Seribu DKI Jakarta

Thu Sep 17 , 2020
Gugusan Kepulauan Seribu (https://punyaane.com) Kepulauan seribu termasuk dalam wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta yang terletak di utara kota jakarta, wilayah kepulauan yang terdiri dari 110 pulau, baik pulau yang berpenghuni dan pulau yang tidak berpenghuni. Jumlah pulau yang wilayah perairannya berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS) […]