Spot Diving di Aceh

Peacock Mantis Shrimp (https://stingynomads.com)

Pulau Weh merupakan Taman Wisata Alam Laut (TWAL), berada secara administrasi termasuk Kecamatan Sukakarya, Kotamadya Sabang, Provinsi Aceh, sekitar 32 km dari Banda Aceh, Ibukota Provinsi Aceh.

Menyelam dari Pulau Weh kami hampir tidak pernah menemukan penyelam dari kelompok lain selama penyelaman kami. Dari ribuan pulau yang membentuk Indonesia, dengan titik bertanda ‘kilometer nol’ di sinilah Indonesia dimulai di sudut Barat Laut pulau itu.

Musim terbaik untuk Menyelam di Pulau Weh

Bulan Mei hingga September adalah musim kemarau, suhu nyaman, curah hujan jarang, air lebih bersih dan jarak pandang yang lebih baik untuk menyelam dan snorkeling.

Spot Diving Pulau Weh

Beberapa spot diving di Pulau Weh Sabang (https://www.indonesiadivedirectory.com)

Selain spot diving diatas, masih ada lagi tempat penyelaman yang menarik yaitu Batee Dua Gapang, Batee Meuroron, Pante Peunateung, Pante Seuke, Pante Ideu, Long Angen atau Pantee Gua, Limbo Gapang, Arus Balee, Seulako Drift, Sumur Tiga, Wreck Tugboat, Pulau Rondo, dan Mobil Karang.

Spot diving di Pulau Weh Sabang (https://sabangkanataxi.wordpress.com)

Spot Diving di Pulau Weh, Sabang, Provinsi Aceh (http://www.monsterdivers.com)

Arus

Arus bervariasi dari yang sangat ringan hingga yang kuat. Suhu air sangat nyaman 29C dan kedalaman berkisar antara 8m dan 41m. Sebagian besar situs penyelaman mulai dangkal dan lereng lebih dalam. Ada berbagai situs yang cocok untuk semua tingkatan.

1. Gapang House Reef

Gapang House Reef

Selain pantai pasir putihnya yang tenang, Gapang terkenal dengan kehidupan laut yang kaya berupa terumbu karang yang indah, merupakan tempat yang populer untuk penyelaman malam hari.

Nudibranch (https://www.tripadvisor.co.uk)

Pada kedalaman 14 m, Gapang Reef ditempati oleh berbagai jenis karang keras dan karang kulit yang besar, sementara pada kedalaman 30 m, penyelam dapat menikmati pemandangan hiu karang, pari manta atau elang berwarna biru, nudibranch, banyak ribbontail bintik-bintik biru, ikan pari bintik-bintik biru dan Penyu sisik serta pemandangan megah dari terumbu house Gapang.

2. Limbo Gapang

Limbo Gapang (https://www.deepblu.com)

Hanya dua menit dengan perahu langsung dari Pantai Gapang. Anda akan menemukan banyak nudibranch, cacing pipih, dan karang jamur di bukit bawah air ini dengan kedalaman 7 m. Kura-kura dari Pantai Gapang kadang-kadang akan diketemukan di daerah ini. Terlihat ikan kodok, ikan barakuda, karang raksasa dan pari manta atau elang berwarna biru yang lewat. Penyelaman pada hari Jumat sore sebelum matahari terbenam, selalu ada beberapa gurita dan sotong berkeliaran.

3. Sophie Rickmers Wreck

Kapal Sophie Rickmers (https://divescover.com)

Sophie Rickmers adalah kapal kargo Jerman yang karam pada zaman Perang Dunia II, bangkai kapal sepanjang 134 m.  Bagian atas ruang kemudi berada pada kedalaman 37 meter dengan geladak pada kedalaman  45 meter dan haluan terletak pada kedalaman lebih dari 55 meter.

Sophie Rickmers Wreck (https://nationalgeographic.grid.id)

Kini kapal tersebut telah menjadi karang dan sebagai ‘tempat bermain’ favorit banyak penyelam dari berbagai negara. Kapal berkebangsaan Jerman itu dapat ditemui persisnya di Teluk Pria Laot, Sabang pada kedalaman 40-55 meter dan untuk melakukan penyelaman di lokasi untuk diharuskan menggunakan dua tabung oksigen.

4. Batee Tokong

Powder Blue Surgeons di Batee Tokong (https://stingynomads.com)

Di sinilah, anda bisa menemukan daratan dalam laut yang memanjang ke permukaan dan membentuk tebing setinggi 25 meter. Dibalut dengan panorama indah, Batee Tokong sering disinggahi kawanan hiu. Pada kedalaman tertentu, kamu dapat menjumpai berbagai macam mahluk hidup lainnya seperti gurita, lionfish, scorpion fish, frog fish, hingga Nudibranchs.

5. Pantee Peunateung

Spot diving yang satu ini dikenal dengan sebutan akuarium alami. Di sini anda dapat menyelam sambil berkawan dengan ribuan spesies bawah laut yang mengaggumkan. Dengan panorama yang sendu dan tentram, Pantee Peunateung turut hadir dengan koleksi batuan koral yang menjadi rumah bagi terumbu karang pada kedalaman 30 meter. Pantee Peunateung siap memanjakan kamu dengan gulungan ombak besar yang menerjang pasir pantai serta pohon kelapa di pinggirnya.

6. Arus Balee (Arus Paleeh)

Spot diving yang satu ini berada di tengah-tengah dua pulau kecil, Pulau Rubia dan Seulako. Dibatasi langsung dengan puncak yang berbatu, Arus Balee merupakan lokasi diving yang sangat populer karena di sinilah kamu bisa berkawan dengan banyak mahluk penghuni Samudera Hindia. Kawanan hiu jinak sering mampir ke spot yang satu ini, bersantai di bawah cuaca tropis khas Pulau Weh. Dengan arus ombak yang santai, Arus Balee jadi spot diving yang cocok buat kamu, para pemula.

7. Batee Gla

Pemandangan spektakuler hadir di spot diving yang satu ini. Dari pinggir pantai, kamu bisa melihat deretan bebatuan yang terlihat perlahan menggunung dari kedalaman 40 meter. Para penyelam juga akan dimanjakan dengan arus yang sangat tenang, sangat ideal bagi kamu yang lebih ingin menikmati alam dari bawah laut. Berbeda dengan spot yang lain, kamu bakal bertemu banyak belut laut di sini. Jadi, siap-siap ya!

8. Shark Plateu

Sesuai namanya, di spot ini Sobat Pesona akan melihat banyak hiu yang hilir mudik, diantaranya adalah hiu sirip putih dan hiu sirip hitam. Terletak di bagian barat daya pusat kota Weh, spot ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyelam yang menyambanginya. Bukan 1 atau 2, puluhan hiu bisa terlihat bersamaan dengan baracuda atau manta yang datang bergerombol. Tidak sembarangan, untuk dapat menyelam di tempat ini, paling tidak harus memiliki Certificate advance open water.

9. Rondo Island

Pulau ini merupakan spot diving paling jauh dari Pulau Weh. Dengan kedalaman rata-rata 30 meter, Pulau Rondo menjadi favorit banyak penyelam karena kontur lereng yang menantang dan ekosistem lautnya yang kaya. Bahkan, salah satu diving agent di Pulau Weh pernah mengutarakan, bahwa spot ini cocok bagi para penyelam profesional yang telah mencicipi berbagai jenis diving spot dan menginginkan hal yang baru juga unik untuk penjelajahan selanjutnya.

10. Anoe Itam

Berbeda dengan perairan Teluk Pria Laot, di sini kita bisa berenang di atas meja-meja terumbu karang Acropora dalam perairan yang lebih dangkal. Terutama pada sore hari, arus di sini akan terasa sedikit lebih kencang. Bentuk terumbu karang yang telihat seperti meja mungkin menggoda kita untuk menginjaknya sebagai pijakan (atau mungkin iseng memegangnya). Tapi ingat! Tidak hanya tajam dan berbahaya, terumbu karang sensitif dan mudah rusak. Boleh foto-foto sepuasnya, tapi jaga juga ya terumbu karangnya!.

11. Underwater Volcano

Penyelaman dangkal, juga bisa snorkeling. Air hangat yang tidak normal karena aktivitas termal. Gelembung yang naik membuat penyelaman menjadi menarik.

12. Canyon

Honeycomb Moray Eel,  penyelaman di Canyon (https://stingynomads.com)

Penyelaman yang indah! Ini jauh lebih baik menyelam! Terumbu karang itu spektakuler dengan kipas Gorgonian yang sangat besar dan berbagai karang yang indah. Ribuan ikan triggerfish India menutupi terumbu karang.

Kehidupan menarik di terumbu karang, Morey Honeycomb, Morey mata Putih. Ikan kalajengking, Octopus, Titan triggerfish dan semua ikan karang kecil yang normal.

Selanjutnya, Sabang Wreck, Thai Wreck, Meuroroe, Rubiah Sea Garden, West Rubiah, West Seulako, East Seulako, Bak Kopra, dan Meuduroe.

Operator Selam

Discover Aceh Divers Club
Jalan Utama no. 1, Lamjamee, Aceh, Indonesia
Telp:  +62 651 7420300
http://www.discoveracehdivers.com

Lumba Lumba Diving Centre
Jln. Pantai Gapang 2 23518 Sabang, Aceh, Indonesia
Telp.: +62 811 682 787

Pulau Weh Dive Resort
Pulau Weh Dive Resort, Jalan Km 0, Pulau Weh, Aceh, Indonesia
Telp.: +62 652 3324919
http://www.pulauwehresort.com

Rubiah Tirta Divers
Jl. Kilometer Nol, Gampong Iboih, Teupin Seurikui, Kec.Suka Karya, Kota Sabang 23518, Aceh Iboih beach, PO. Box 42 Sabang ( pulau weh ) Aceh, sumatra, Indonesia
Telp.: +62 6523324555
http://www.rubiahdivers.com

The Pade Resort
Jl. Soekarno Hatta No. 1, Desa Daroy Kameu Kecamatan Darul Imarah, Lampeuneurut Aceh Besar 23352 – Aceh
Telp.: +62 652-3324500

Monster Divers
Email: info@monsterdivers.com
ID/EN +62 822 76 41 79 98 ·  ES/CAT +62 812 69 60 68 57 ·  FR +62 822 95 72 21 14

Sumber: stingynomads | monsterdivers

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Spot Diving di Sumatera Barat

Wed Sep 16 , 2020
Pulau Pagang Kabupaten Pesisir Selatan Perairan laut Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memiliki potensi untuk pengembangan wisata selam (diving) di alam terbuka karena sedikitnya memiliki 39 titik untuk lokasi penyelaman berkelas dunia. Kesimpulan itu setelah dilakukan penyelaman pada titik-titik tersebut dan diperbandingkan dengan titik penyelaman kelas dunia yang ada di daerah […]