Solusi Pengganti Tas Plastik

Food Container

Aturan kewajiban memakai kantong belanja ramah lingkungan yang artinya pelarangan kantong belanja sekali pakai itu berlaku di toko swalayan, pusat perbelanjaan, dan pasar rakyat mulai 1 Juni 2020. Dalam Pergub itu juga disebut, tiga komponen pelaku Pergub DKI tersebut juga diminta untuk memberikan harga wajar kantong belanja ramah lingkungan.

Nah, agar lebih mudah, traveler yang berbelanja ke toko swalayan, pusat perbelanjaan, dan pasar rakyat sebaiknya membawa kantong belanja sendiri.

Buat traveler yang masih bingung menggunakan kantong belanja ramah lingkungan seperti apa yang bisa digunakan saat ini, berikut tujuh solusi pengganti kantong plastik sekali pakai:

1. Kantong Kain

Kantong Kain (https://www.tokopedia.com)

Agar tak repot dalam membawa kantong belanja, maka kamu bisa bawa kantong berbahan kain. Kantong belanja kain termasuk ramah lingkungan karena terbuat dari serat kapas.

Selain mudah untuk dibawa, kantong belanja ini bisa digunakan berulang kali tanpa merusak ekosistem alam. Jangan lupa untuk bawa kantong ini sebelum berbelanja travelers.

2. Tas Jaring

Tas katun yang terlihat seperti karing atau jala juga kuat dan tahan lama travelers. Tas ini bisa digunakan untuk belanja bahan makanan, biasanya untuk buah.

Memiliki bahan yang ramah lingkungan, tas ini bisa dilipat kecil sehingga bisa menghemat tempat. Kamu bisa membawanya kemana pun untuk menghindari penggunaan plastik.

3. Tas Lipat Reusable

Kantong belanja reusable biasanya dibuat dari bahan polyester atau nilon yang ringan. Tas ini praktis, bisa dilipat hingga ukuran yang cukup kecil untuk dimasukkan di saku celana atau gantungan kunci.

Terbuat dari kain, tas ini ramah lingkungan dan bisa dicuci saat kamu mau menggunakannnya kembali.

4. Kantong Belanja Berbahan Kertas

Kalau belanjaanmu tidak banyak, kantong belanja berbahan kertas bisa menjadi solusi. Kantong belanja berbahan kertas atau paper bag biasanya sudah dikemas seperti tas lengkap dengan pegangannya.

Walaupun jarang digunakan di swalayan, kantong model seperti ini bisa kamu bawa saat ingin berbelanja. Asalkan jangan sampai terlalu berat ya travelers.

5. Kardus

Meski lebih praktis menggunakan kantong berbahan kain dan paper bag, tapi kardus juga bisa jadi pilihan untuk memuat banyak belanjaan. Terbuat dari kertas, kardus termasuk dalam kategori ramah lingkungan, juga bisa digunakan berulang kali selama kondisinya masih baik.

Biasanya pun, berbagai swalayan menyediakan kardus sisa produk makanan. Kamu bisa minta pegawai swalayan untuk mengemas belanjaan.

6. Tas Anyaman

Jika kardus dirasa agak sulit untuk dibawa, kamu bisa memakai tas anyaman. Sebenarnya, tas ini sudah digunakan sejak dulu saat berbelanja ke pasar tradisional.

Tas yang mulai ditinggalkan ini bisa kamu gunakan kembali. Dengan berbahan anyaman daun pandan, rotan, bambu tentunya tas ini sangat ramah lingkungan.

7. Food Container

Menghindari kantong plastik sekali pakai, traveler bisa memakai food container. Walaupun masih berbahan plastik, namun bisa dicuci untuk digunakan berulang kali.

Kemasan food container juga aman untuk makanan. Ukurannya pun tersedia mulai kecil hingga besar. Biasanya, kemasan seperti ini digunakan di pasar swalayan.

Sumber: travel.detik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Panduan InDOnesia CARE

Thu Oct 1 , 2020
Panduan InDOnesia CARE InDOnesia CARE merupakan Protokol Kesehatan di Destinasi Pariwisata pada Era Normal Baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang memasuki fase transisi adaptasi kenormalan baru. Masa di mana beberapa kegiatan sudah mulai dapat dilaksanakan oleh masyarakat dengan […]